Ribuan Personel TNI AL Bersih-bersih Sungai

Ribuan Personel TNI AL Bersih-bersih Sungai
Prajurit TNI AL membersihkan sampah di kali mas, Surabaya. FOTO: Dispen Lantamal V

jpnn.com - SURABAYA - Panglima Komando Armada Timur Laksamana Muda Darwanto dan Ketua Daerah Jalasenastri Armada Timur Ny. Ina Darwanto didampingi Kasarmatim dan para Asisten, Para Dansat serta Para kasatker meninjau pelaksanaan kegiatan Prokasi di sekitar Kalimas, Jumat (25/11).

Kedatangan orang nomer satu di Koarmatim ini untuk melihat secara langsung pelaksanaan prokasih dalam rangka menyambut hari jadi Armada RI ke-71 tahun 2016.

Sebelum pelaksanaan bersih-bersih sungai ini, Komandan Denma Pangkalan Utama TNI AL (Dandenma Lantamal) V Surabaya Letkol Mar Prasetyo Pinandito terlebih dahulu memimpin apel.

Apel ini bertujuan untuk mengecek jumlah personel yang terlibat dalam kegiatan tersebut serta membagi kelompok per kelompok di dalam zona serta membagikan peralatan pembersihan.

Bersih-bersih sungai kali ini dibagi menjadi dua zona. Zona satu mulai dari jembatan merah plasa sampai dengan jembatan Petekan dan zona dua mulai dari jembatan Petekan sampai dengan muara sungai kali mas (kerang lebih 3200 meter).

Selesai pembagian peralatan dan zona maka ribuan personel TNI AL dengan penuh semangat membersihkan sungai  mulai dari jembatan merah plasa sampai dengan muara sungai kalimas. Ribuan personel ini  merupakan anggota dari Koarmatim , Kobangdikal,  AAL, Lantamal V, Pasmar-I,  STTAL dan UPT.  Selain personel, tampak juga dalam acara bersih-bersih sungai ini beberapa alat berat dan truk pengangkut sampah.

Fokus dalam pembersihan sungai ini dititik beratkan pada sisi utara jembatan Petekan karena di area tersebut banyak terdapat sampah atau rumput.

Pangarmatim menyampaikan bahwa bersih-bersih kalimas akan dilaksanakan secara estafet. “Kalau hanya mengandalkan satu hari tidak akan bisa maksimal, di dalam waktu yang dekat akan dikoordinasikan antara TNI AL dengan Pemda Surabaya agar kapal-kapal tradisional bisa melewati Kalimas, dalam hal ini yang diutamakan selain pembersihan juga pengerukan kalimas yang sudah dangkal,” kata Pangarmatim.

SURABAYA - Panglima Komando Armada Timur Laksamana Muda Darwanto dan Ketua Daerah Jalasenastri Armada Timur Ny. Ina Darwanto didampingi Kasarmatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News