Richie Havens di Woodstock, 40 Tahun Kemudian

Richie Havens di Woodstock, 40 Tahun Kemudian
KENANGAN - Richie Havens saat tampil dalam peringatan 40 tahun Woodstock Music and Art Fair 1969, di lokasi asli event akbar musik tersebut, di Bethel Woods Center for the Arts, Jumat (14/8) waktu setempat. Foto: Times Herald-Record/Mike Rice.
NEW YORK - Tepatnya Sabtu (15/8) sore waktu setempat, atau Minggu (16/8) subuh WIB, festival rock Woodstock yang digelar pertama kali pada 1969, di Bethel, dekat New York, genap berusia 40 tahun. Peringatan 40 tahun event yang disebut-sebut sebagai salah satu tonggak sejarahnya musik rock internasional itu, memang memasuki puncaknya akhir pekan ini.

Kendati harus batal dengan perayaan besar-besaran gelaran Woodstock untuk keempat kalinya (Woodstock II dan III sempat digelar resmi pada tahun 1994 dan 1999, Red), namun semangat peringatan peristiwa tersebut tidak menyurut di sejumlah kalangan. Baik itu yang digelar di lokasi aslinya sendiri maupun di berbagai tempat lain di dunia.

Di Bethel Woods Center for the Arts, di lokasi asli Woodstock, Jumat (14/8), Richie Havens, sang penampil pembuka di ajang Woodstock Music and Art Fair 1969, kembali berusaha menghadirkan suasana nostalgia menyenangkan itu. Seperti diberitakan Chicago Sun-Times, Havens antara lain menampilkan lagu legendarisnya, Freedom, saat membuka rangkaian perayaan yang memakan waktu sepanjang akhir pekan tersebut.

Sebagaimana dilaporkan, Havens yang sekarang boleh saja sudah berusia 40 tahun, tapi semangatnya tampak tak kurang besarnya dibanding dengan saat tampil pada tahun 1969 di depan ratusan ribu penikmat musik di venue Woodstock. Kendatipun saat ini bedanya, ia hanya tampil dalam sebuah ajang perayaan khusus yang digelar terbatas, dengan sekitar 200 orang pengunjung saja.

NEW YORK - Tepatnya Sabtu (15/8) sore waktu setempat, atau Minggu (16/8) subuh WIB, festival rock Woodstock yang digelar pertama kali pada 1969,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News