Ridwan Kamil: Bandung Belum Darurat Banjir

Ridwan Kamil: Bandung Belum Darurat Banjir
Banjir Bandung. Foto: pojokjabar

jpnn.com - BANDUNG – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menilai wilayahnya belum layak masuk kategori darurat bencana banjir. Menurutnya, saat ini Bandung masih dalam kondisi siaga banjir.

“Untul kondisi banjir yang cepat datang dan cepat pergi, dan belum ada pengungsi seperti di kabupaten lain, lebih tepatnya disebut kondisi siaga banjir” ujar Ridwan Kamil kepada wartawan, Senin (14/11).

Menurutnya,Bandung belum menentukan status darurat bencana karena situasi masih bisa diatasi dengan melakukan imbauan-imbauan dan peringatan kepada masyarakat, serta kewaspadaan para petugas terkait. 

Terkait dampak banjir yang semakin meluas hingga mengakibatkan stasiun kereta api dan rumah sakit umum terendam air, menurut pria yang akrab disapa Emil itu, tak bisa jadi patokan untuk menetapkan status darurat.

Dijelaskannya, banjir yang terjadi di Bandung belakangan ini lebih disebakan karena faktor alam, yakni curah hujan yang tinggi.

“Memang curah hujan yang tinggi. Pada 24 Oktober lalu, BMKG menyatakan, curah hujan sampai 3 kali lipat,” tegasnya.

Meski begitu, Emil ada faktor di luar alam yang juga berkontribusi menyebabkan banjir. Contohnya ada beberapa bangunan yang memang menghalangi saluran air.

Hal itu terjadi selain di Jalan Babakan Jeruk, kawasan Pasteur juga di Jalan Pagarsih. 

BANDUNG – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menilai wilayahnya belum layak masuk kategori darurat bencana banjir. Menurutnya, saat ini Bandung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News