Riwayat Kewarganegaraan Keluarga Senator Australia Diumumkan

Riwayat Kewarganegaraan Keluarga Senator Australia Diumumkan
Riwayat Kewarganegaraan Keluarga Senator Australia Diumumkan

Pekan ini, jagad perpolitikan di Canberra, akan kembali diwarnai permasalahan kewarganegaraan para politisi anggota parlemen, yang akan mempertaruhan karir politik mereka.

Anggota parlemen dari faksi pemerintah maupun oposisi bisa dirujuk ke High Court of Australia (setingkat Mahkamah Agung) terkait kepastian kewarganegaraan mereka. Hal ini berpotensi mendorong digelarnya pemilu yang dipercepat pada bulan Maret 2018.

Perdana Menteri Malcolm Turnbull membuat marah politisi Partai Buruh yang beroposisi, setelah dia mengancam merujuk para politisi oposisi ke High Court guna memastikan kewarganegaraan mereka.

Pada akhir pekan ini, akan jelas berapa politisi yang mendapatkan kepastian status kewarganegaraan mereka dan, lebih penting lagi, kelayakan mereka duduk di Parlemen.

Di Senat atau majelis tinggi, para Senator telah mengisi formulir guna memulai proses tersebut. Riwayat kewarganegaran keluarga para Senator ini akan diumumkan hari Senin (4/12/20170 ini.

Melacak riwayat keluarga

Formulir tersebut mewajibkan setiap anggota parlemen untuk mengumumkan tempat dan tanggal kelahiran mereka sendiri, kedua orangtua mereka serta tempat dan tanggal lahir keempat kakek-nenek mereka.

Ketentuan itu mencakup hingga periode tahun 1860 bagi senator asal Queensland Ian Macdonald, yang kakek dari pihak ibunya lahir di Australia Selatan 157 tahun silam.

Senator Macdonald mengandalkan catatan keluarga dan website Ancestry.com untuk memastikan tempat dan tanggal lahir kakek neneknya di pertengahan hingga akhir abad ke-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News