JPNN.com

Roti Tawar Hitam Mencegah Penuaan Dini, Mau Coba?

Sabtu, 27 Juni 2015 – 06:16 WIB
Roti Tawar Hitam Mencegah Penuaan Dini, Mau Coba? - JPNN.com
HEALTHY BREAD: Florence Dannies mengoleskan butter untuk roti tawar hitam alias takesumi shokupan yang hendak dinikmati. Foto: Angger Bondan/Jawa Pos

ROTI tawar hitam, rasanya sama dengan roti-roti tawar yang umumnya berbahan gandum. Warna hitam roti yang punya nama takesumi shokupan tersebut berasal dari campuran arang bambu.

’’Ini roti Jepang. Tidak hanya enak, tetapi juga bikin sehat. Kami adopsi untuk dijual di Indonesia,’’ jelas Irene Tansy, area manager Boulangerie Komugi, toko roti yang menjual kue-kue khas Jepang dan Prancis.

Irene melanjutkan, dirinya mendapati keunikan pada orang Jepang yang suka mencampur arang bambu ke dalam makanan mereka.

Mereka suka mencelupkan daging atau makanan-makanan berlemak lainnya ke dalam arang bambu sebelum memakannya. Prosesnya seperti mencelupkan makanan ke dalam sup.

Kusyahirin, chef yang meramu roti itu, menjelaskan, takesumi berarti arang bambu dan shokupan bermakna roti tawar. ’’Bahan utamanya ya tetap terigu,’’ jelasnya.

Dia menambahkan, sejak dulu orang Indonesia sebenarnya juga sudah memakai arang bambu dalam campuran makanan untuk menetralkan racun tubuh. ’’Cuma, sekarang jarang yang seperti itu,’’ imbuhnya.

Tidak hanya dapat menyerap zat beracun dan radikal bebas dalam tubuh, arang bambu mempunyai khasiat lain. Makanan yang dicampur dengan arang bambu dapat menyeimbangkan metabolisme dan mereduksi kolesterol sehingga membantu melancarkan peredaran darah koroner, mencegah penyumbatan pada jantung, sampai mencegah penuaan dini.

Karena tergolong roti sehat, Irene menyarankan takesumi shokupan dikombinasikan dengan menu sehat lainnya. ’’Bolehlah sedikit butter. Butter lebih bagus daripada mentega,’’ ujar Irene menyarankan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
tomo