Rp 28 Triliun Dana Asing Masuk Lewat SBN

Rp 28 Triliun Dana Asing Masuk Lewat SBN
Rp 28 Triliun Dana Asing Masuk Lewat SBN
JAKARTA — Direktur Jenderal Pengelolaan Utang Kementrian Keuangan, Rahmat Waluyanto, menyatakan bahwa saat ini pasar Surat Berharga Negara (SBN) domestik sangat stabil. Per 27 Mei 2010, secara netto tercatat investasi asing yang masuk lewat SBN mencapai Rp28,5 triliun.

"Saat Menkeu Sri Mulyani menyatakan mundur seiring juga dengan gejolak krisis di Yunani, memang sempat terjadi pergolakan di transaksi SBN. Namun kondisi tersebut hanya sesaat dan kembali stabil. Pelepasan dana asing sekitar Rp4 triliun namun sekarang sudah ada pembalikan," jelas Rahmat di kantor Menko Ekonomi, Kamis (3/6).

Untuk pelepasan dana asing sebesar Rp4 triliun selama April lalu, kata Rahmat, pada awal bulan Juni sudah terjadi pembalikan yang cukup positif. "Dalam satu hari bisa mencapai Rp700 miliar. Kesimpulan kita adalah pasar domestik SBN sangat stabil. Kepercayaan investor dan internasional masih cukup baik terhadap Indonesia," katanya.

Menurutnya, krisis Yunani yang berimbas pada beberapa negara Eropa lainnya memang sempat berdampak pada sepinya pasar. Namun hal ini dinilai wajar, karena investor lebih memilih berhati-hati.

JAKARTA — Direktur Jenderal Pengelolaan Utang Kementrian Keuangan, Rahmat Waluyanto, menyatakan bahwa saat ini pasar Surat Berharga Negara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News