Rusia Keluar dari Perjanjian Kontrol Senjata, Kawasan Euro-Atlantik dalam Bahaya

Rusia Keluar dari Perjanjian Kontrol Senjata, Kawasan Euro-Atlantik dalam Bahaya
Vladimir Putin. Foto: AFP

jpnn.com, BRUSSELS - Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) pada Jumat (9/6) mengecam langkah penarikan diri Rusia dari Perjanjian Angkatan Bersenjata di Eropa (CFE), dan mendesak Moskow untuk mempertimbangkan kembali keputusan tersebut.

"Sekutu NATO mengecam keputusan Rusia yang menarik diri dari perjanjian CFE yang bersejarah tersebut," kata aliansi militer tersebut dalam sebuah pernyataan.

Menyebut CFE sebagai "landasan keamanan Eropa," pernyataan itu menunjukkan bahwa keputusan terbaru Rusia melakukan "serangkaian tindakan yang secara sistematis merusak keamanan Eropa-Atlantik."

Penarikan tersebut lebih lanjut menunjukkan bahwa Moskow terus mengabaikan kontrol senjata, tegas NATO.

Aliansi tersebut juga meminta Rusia untuk "mempertimbangkan kembali keputusannya" sebelum periode pemberitahuan penarikan berakhir, dan untuk "melaksanakan komitmennya dan kewajibannya."

NATO menegaskan kembali komitmennya bahwa kontrol senjata konvensional yang efektif adalah elemen kunci keamanan Euro-Atlantik.

Penarikan terakhir Rusia dari perjanjian CFE akan berlangsung pada 7 November, kata Kementerian Luar Negeri Rusia pada Jumat (9/6).

Presiden Rusia Vladimir Putin menandatangani sebuah dekrit tentang penarikan tersebut pada Mei tetapi negara tersebut telah memutuskan untuk menangguhkan pelaksanaannya sejak 2007.

Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) pada Jumat (9/6) mengecam langkah penarikan diri Rusia dari Perjanjian Angkatan Bersenjata di Eropa (CFE)

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News