RUUK Jogja Pasti Tuntas Tahun Ini

RUUK Jogja Pasti Tuntas Tahun Ini
RUUK Jogja Pasti Tuntas Tahun Ini
BANDUNG  - Tata cara pengisian kursi Gubernur dan wakil Gubernur Daerah Istimewa Jogjakarta dalam Rancangan Undang-undang Keistimewaan (RUUK) Jogjakarta masih belum menemui rumusan akhir. Namun demikian, pemerintah tetap yakin RUUK Jogja akan tuntas tahun ini.

Direktur Penataan Daerah dan Otonomi Khusus pada Direktorat Jendral Otda Kementrian Dalam Negeri, Soni Soemarsono, menyatakan, masalah kekhususan untuk Jogja hanya satu saja yang belum final. “Masalahnya ya cuma di RUUK Jogjakarta, yaitu pengisian gubernur dan wagub,” ujar Soni dalam diskusi tentang “Penyelenggaraan Otonomi Khusus di Indonesia” yang digelar Pusat Penerangan Kementrian Dalam Negeri di Bandung, Sabtu (31/7).

Soni mengakui, pemerintah memang bertahan agar gubernur dan wakil gubernur DIJ dipilih secara langsung. “Sedangkan DPR ingin penetapan (Sultan Jogja dan Pakualam sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur),” ujar Soni.

Lebih lanjut Soni juga menyinggung, kini ada pula opsi lain agar Gubernur dan Wakil Gubernur Jogja dipilih oleh DPRD. Jika demikian, formula seperti apa yang tepat bagi pengisian Gubernur dan Gubernur Jogja" Soni tak berani memastikannya.

BANDUNG  - Tata cara pengisian kursi Gubernur dan wakil Gubernur Daerah Istimewa Jogjakarta dalam Rancangan Undang-undang Keistimewaan (RUUK)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News