SAH! Jokowi Lantik Budi Gunawan Jadi Kepala BIN

SAH! Jokowi Lantik Budi Gunawan Jadi Kepala BIN
Pelantikan Budi Gunawan sebagai Kepala BIN di Istana Negara oleh Presiden Joko Widodo. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com - JAKARTA—Presiden Joko Widodo melantik Komjen Budi Gunawan sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) di Istana Negara, Jumat (9/9). Budi menggantikan Kepala BIN sebelumnya, Sutiyoso.

Hadir dalam pelantikan itu, jajaran petinggi Polri dan TNI serta para menteri di jajaran Kabinet Kerja. Tak lupa juga mantan Presiden Megawati Soekarnoputri yang turut hadir bersama Ketua MPR Zulkifli Hasan. Saat dilantik Budi sudah melepaskan seragam cokelatnya selama di Polri. Dia memakai setelan jas hitam dan kopiah hitam.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, bahwa saya akan menjunjung tinggi HAM, demokrasi, dan supremasi hukum,” ucap mantan Wakapolri itu saat membacakan sumpahnya.

Budi juga berjanji akan bersikap professional dan menjunjung tinggi  kode etik intelijen negara di mana pun dia berada

“Saya pantang menyerah dalam menjalankan tugas dan kewajiban jabatan saya. Bahwa saya akan memegang teguh segala rahasia intelijen negara, dalam keadaan bagaimanapun juga,” sambungnya. (flo/jpnn)


JAKARTA—Presiden Joko Widodo melantik Komjen Budi Gunawan sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) di Istana Negara, Jumat (9/9). Budi menggantikan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News