Sah, Komjen Listyo Sigit Prabowo Calon Kapolri Pilihan Jokowi

Sah, Komjen Listyo Sigit Prabowo Calon Kapolri Pilihan Jokowi
Komjen Listyo Sigit Prabowo. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Teka-teki siapa calon Kapolri yang akan ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggantikan Jenderal Idham Azis akhirnya terjawab sudah.

Pada hari ini, Rabu (13/1), Presiden Jokowi secara resmi mengirimkan Surat Presiden (Surpres) ke DPR yang berisi nama Kepala Bareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri.

Surpres itu diantar oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno kepada Ketua DPR Puan Maharani.

Komjen Sigit merupakan calon tunggal Kapolri pilihan Presiden Jokowi yang akan menggantikan Idham Azis yang pensiun Februari 2021 nanti.

"Seperti yang saya sampaikan surpres telah kami terima dari Bapak Presiden,  yang mana Bapak Presiden menyampaikan usulan pejabat Polri ke depan dengan nama tunggal yaitu, Bapak Drs Listyo Sigit Prabowo," kata Puan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (13/1).

Listyo akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan sebagai calon Kapolri di Komisi III DPR.

Puan menjelaskan, hasil fit and proper test tersebut nantinya akan dibawa ke Rapat Paripurna DPR untuk mendapat persetujuan dewan.

"Proses akan ditempuh selama 20 hari sejak surat presiden diterima yaitu hari ini Rabu 13 Januari 2021," ujar cucu Proklamator RI Bung Karno, itu.

Presiden Jokowi hanya mengirimkan nama Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri ke DPR.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News