Sakit Jiwa Ditanggung Jamkesmas

Sakit Jiwa Ditanggung Jamkesmas
Sakit Jiwa Ditanggung Jamkesmas
JAKARTA - Kementerian Kesehatan (kemenkes) menjamin pengobatan penyakit jiwa yang diderita masyarakat miskin dengan Jamkesmas. Mereka tidak menyarankan untuk memasung kerabatnya yang mengalami gangguan jiwa.

Sekjen Kemenkes Ratna Rosita mengatakan, belum memiliki data real tentang jumlah masyarakat yang mengalami gangguan jiwa. Namun Ratna melarang keras, keluarga memutuskan untuk memasung anggota keluarganya yang mengalami gangguan jiwa. "Itu bukan solusi yang baik untuk kesehatannya," ujar Ratna di Jakarta, kemarin (8/10).

Ratna menyarankan, agar orang yang mengalami gangguan jiwa itu dibawa berobat ke dokter dan RS jiwa terdekat di wilayahnya. Sebab menurut dia, pasien sakit jiwa dari keluarga miskin bisa memanfaatkan Jamkesmas dan Jamkesda untuk mendapatkan pengobatan di RSJ.

"Yang belum punya, tolong segera mengurusi kartu untuk pasien," tegasnya. Dengan kartu tersebut, kata Ratna, keluarga pasien tidak dibebani biaya pengobatan hingga pasien pulih kembali.

JAKARTA - Kementerian Kesehatan (kemenkes) menjamin pengobatan penyakit jiwa yang diderita masyarakat miskin dengan Jamkesmas. Mereka tidak menyarankan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News