Sakit-Sakitan, PM PNG Mundur

Sakit-Sakitan, PM PNG Mundur
Sakit-Sakitan, PM PNG Mundur
SYDNEY – Negeri tetangga Indonesia di sebelah Papua bakal berganti kepala pemerintahan. Setelah cukup lama berkuasa di negerinya, Perdana Menteri (PM) Papua Nugini (PNG) Sir Michael Somare, 75, mengundurkan diri karena masalah kesehatan. Hal itu mengakhiri era kekuasaan Somare di negeri miskin di kawasan Pasifik tersebut.

Tokoh yang telah berkecimpung di dunia politik selama hampir 50 tahun itu menjabat PM selama tiga kali. Saat PNG merdeka pada 1975, dia menjadi PM hingga 1980. Selanjutnya, dia terpilih lagi pada 1982-1985. Sebagai pemimpin Partai Aliansi Nasional, dia terpilih kembali dalam pemilu 2007 lalu.

Dia sebetulnya telah menjalani operasi jantung di rumah sakit Singapura awal tahun ini, tapi kondisinya belum sepenuhnya pulih. Bahkan, dia dilaporkan menderita komplikasi beberapa penyakit.

Menurut putranya, Arthur Somare, keluarga telah membuat keputusan bahwa ayahnya pensiun dari politik dan pemerintahan. Sikap itu diambil tanpa dikonsultasikan dengan Somare karena kondisinya terlalu sakit.

SYDNEY – Negeri tetangga Indonesia di sebelah Papua bakal berganti kepala pemerintahan. Setelah cukup lama berkuasa di negerinya, Perdana Menteri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News