Sama-sama Rugi jika Terus Memburuk

Sama-sama Rugi jika Terus Memburuk
Sama-sama Rugi jika Terus Memburuk
ISLAMABAD - Tidak bisa dipungkiri, bagi AS, Pakistan adalah salah satu sekutu terpenting. Secara geografis, negara Asia Selatan tersebut pernah dijadikan pasukan AS sebagai pangkalan strategis dalam operasi militer di Afghanistan dan Iraq.

Dengan memburuknya hubungan di antara kedua negara, AS bisa kehilangan benteng strategis dalam perang melawan terorisme. Apalagi, Islamabad telah meminta Washington supaya mengurangi keberadaan pasukannya di Pakistan.

Di mata AS, Pakistan ibarat pisau bermata dua. Di satu sisi, peran negara tersebut dinilai sangat penting dalam perang melawan terorisme. Di pihak lainnya, AS justru melihat ancaman besar dari sekutunya itu.

"Kami belum pernah melihat ancaman teroris dari Afghanistan dalam 7-8 tahun terakhir," ujar seorang pejabat senior AS. "Ancaman lebih banyak justru datang dari Pakistan selama enam tahun terakhir dan bahkan lebih," tambahnya.

ISLAMABAD - Tidak bisa dipungkiri, bagi AS, Pakistan adalah salah satu sekutu terpenting. Secara geografis, negara Asia Selatan tersebut pernah dijadikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News