Samaun Samadikun, Anak Bangsa di Google Doodle Hari Ini

Samaun Samadikun, Anak Bangsa di Google Doodle Hari Ini
Samaun Samadikun. Foto: google

jpnn.com - PROFESOR asal Indonesia menjadi google doodle hari ini. Ya, kelahiran Anak Bangsa bernama Samaun Samadikun diperingati google.

Tepat tanggal ini 15 April, 85 tahun yang lalu, Samaun lahir. Dia bukan orang sembarangan. Karya-karyanya sudah dikenal para ilmuwan di dunia. Banyak orang menyebutnya Bapak Mikroelektronika Indonesia.

Prof. Dr. Samaun Samadikun lahir di Magetan, Jawa Timur, pada 15 April 1931. Semasa hidupnya, ia merupakan salah seorang dosen di Institut Teknologi Bandung.

Pria yang dikenal karena kepribadian dan sikapnya yang sangat sederhana dan bersahaja ini awalnya menjadi mahasiswa Jurusan Teknik Elektro di ITB pada 1950 dan lulus sebagai insinyur.

Kemudian, ia pun melanjutkan kuliahnya di Universitas Standford, Amerika Serikat, dan lulus dengan gelar M.Sc pada 1957. Gelar Ph.D. pun diraihnya tahun 1971 dalam bidang teknik elektro di Universitas yang sama.

Pada 1975, Universitas Standford juga menjadi saksi keberhasilan Prof Samaun. Bersama K.D Wise, Samaun berhasil menciptakan sebuah paten “Method for forming regions of predetermined in silicon” dengan nomor US Patent No 3,888,708.

Saat bertugas di ITB, ia pernah menjabat sebagai ketua Jurusan Teknik Elektro periode 1964-1967. Prof Samaun juga merupakan pendiri sekaligus menjabat direktur pertama dari Pusat Antar Universitas (PAU) Mikroelektronika di ITB tahun 1984-1989.

Selama menjadi dosen di ITB, suami dari Roesdiningsih ini sempat mengambil cuti karena mendapatkan tawaran jabatan sebagai Direktur Binsarak DIKTI dari pemerintah pada tahun 1973 hingga 1978. 

PROFESOR asal Indonesia menjadi google doodle hari ini. Ya, kelahiran Anak Bangsa bernama Samaun Samadikun diperingati google. Tepat tanggal ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News