Sambut UCLG ASPAC, Surabaya Percantik Diri

Sambut UCLG ASPAC, Surabaya Percantik Diri
Surabaya selama ini dikenal karena keindahan taman-tamannya. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Berlangsung pada 11 – 15 September mendatang, Kota Surabaya didapuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan United Cities and Local Governments Asia-Pacific (UCLG ASPAC). Untuk menyambut rangkaian acara itu, pemkot menata dan mempercantik taman serta jalur pedestrian di Surabaya. 

UCLG ASPAC merupakan kongres dwi tahunan. Pemimpin daerah dari sejumlah negara Asia Pasifik akan hadir di Surabaya. Mereka membahas pembangunan dan inovasi untuk kota secara berkelanjutan.

Organisasi yang diakui PBB dan berpusat di Barcelona tersebut ingin membantu pemerintah daerah dalam menjalankan fungsinya. Salah satunya memberi program pelatihan kepada pemerintah daerah. 

Pemkot memanfaatkan momen tersebut untuk mempromosikan Surabaya. Hasil pembangunan yang berupa tata kota dipamerkan. Upaya itu terlihat dengan penambahan aksesori di taman, jalan, maupun jalur pedestrian. 

Misalnya, dilakukan penambahan bunga di taman di Kebun Binatang Surabaya. Begitu juga di Taman Surya. Selain bunga, pemkot menempatkan burung love bird di beberapa sudut. Lalu, di jalur protokol, pemkot menambah hiasan berupa payung dan layang-layang. 

Kepala UPTD Taman Surabaya Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Pramudita mengungkapkan, penambahan aksesori itu dilakukan untuk mempercantik Kota Surabaya. Harapannya, peserta UCLG ASPAC nyaman saat hadir di Surabaya. ''Terutama saat melihat taman-taman di Surabaya,'' ucapnya. 

Menurut rencana, ada 800 pemimpin daerah yang ikut serta dalam kegiatan tersebut. Humas Pemkot Surabaya Muhammad Fikser yakin peserta tak hanya datang untuk berkongres. Tapi, mereka juga akan belajar dan merasakan denyut nadi kota. 

Sejauh ini, Surabaya berhasil meraih penghargaan berskala internasional. Di antaranya, kota ramah lingkungan dan layak anak. (riq/c17/ano)

Menurut rencana, ada 800 pemimpin daerah yang ikut serta dalam kegiatan tersebut


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News