Sandiaga & Sukarelawannya Bergerak di Kemayoran, Kepala BIN Langsung Turung Tangan

Sandiaga & Sukarelawannya Bergerak di Kemayoran, Kepala BIN Langsung Turung Tangan
Kepala BIN Budi Gunawan dan Sandiaga S Uno pada deklarasi Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 di Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (22/4). Foto: Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Wakil Gubernur DKI Sandiaga S Uno menggelar pemeriksaan cepat coronavirus disease 2019 (rapid test COVID-19) di sekitar kawasan Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (22/4). Dalam kegiatan itu, Sandi bersama Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 juga membagikan paket sembako untuk warga yang terdampak pandemi virus corona.

Sandi selaku ketua koordinator Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 mengatakan, pihaknya menyediakan 5.000 kit rapid test khusus warga yang datang. “Apabila positif langsung dievakuasi dengan ambulans dan dibawa ke dalam (Wisma Atlet) untuk penanganan lanjut,” katanya.

Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 juga menyediakan 10.000 paket sembako dalam kegiatan yang dihadiri Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan alias BG itu. Warga yang berdasar hasil rapid test dinyatakan negatif dari COVID-19 langsung diizinkan pulang dan diberi sembako.

Selain menggelar rapid test massal, Sandiaga juga memimpin deklarasi Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 yang diikuti 300 relawan dari Jakarta. Selain itu, ribuan volunter dari berbagai daerah juga mengikuti deklarasi Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 secara virtual.

Deklarasi pada masa pandemi itu dilakukan dengan menerapkan protokol COVID-19. Setiap sukarelawan maupun peserta rapid test diwajibkan mencuci tangan dengan disinfektan, mengenakan masker dan menjaga jarak.

Sementara BG dalam sambutannya mengucapkan selamat sekaligus berterima kasih kepada Sandiaga dan seluruh Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19. “Terima kasih sudah bergabung dengan pemerintah,” katanya.

Mantan petinggi Polri itu memperkirakan wabah COVID-19 akan mereda pada Juli mendatang. “Kalau penanganan ini dilakukan bersama dan situasi landai, maka insyaallah Juli sudah masuk (masa normalisasi),” ujarnya.

BG menegaskan, kunci keberhasilan penanganan covid-19 ini adalah kedisiplinan masyarakat, gotong-royong, dan ketenangan. “Kerja sama dari rekan-rekan wartawan juga sangat diperlukan agar masyarakat bisa semakin disiplin dan tenang,” tandas BG.(cuy/jpnn)

Sandiaga S Uno bersama Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 melakukan tes cepat atau rapid test coronavirus disease 2019 di dekat Wisma Atlet Kemayoran.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News