Sandiaga Uno Dorong Ekonomi Kreatif Jadi Kunci Kebangkitan Perekonomian

Sandiaga Uno Dorong Ekonomi Kreatif Jadi Kunci Kebangkitan Perekonomian
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno optimistis sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat terus berkembang menjadi kunci kebangkitan ekonomi nasional. Foto: Dok Kemenparekraf

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno optimistis sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat terus berkembang menjadi kunci kebangkitan ekonomi nasional.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga menghadiri program Kelana Nusantara di Kota Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Sabtu (25/6).

"Setiap kabupaten/kota nantinya akan menyepakati subsektor ekonomi kreatif unggulan daerahnya, dan kemudian saling berjejaring dengan kabupaten/kota lainnya", ujar Sandiaga Uno.

Menurutnya pelaku ekonomi kreatif perlu didorong untuk gencar berinovasi dan meningkatkan kualitas.

“Pariwisata kembali menggeliat, pelaku kreatif juga semakin terbuka pasarnya, ekonomi masyarakat dapat terus bergerak” ucapnya.

Kota Mataram juga telah dilaksanakan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Pelaku Ekraf di tahun 2021, berlanjut pelaksanaan uji petik di Kota Mataram pada Maret 2022 dengan hasil kuliner ditetapkan sebagai subsektor unggulan daerah.

Kemenparekraf, kata Sandiaga Uno, mengapresiasi partisipasi dari pemerintah daerah serta para pihak terkait yang telah berkolaborasi untuk mengembangkan kreatifitasnya.

Program yang berpihak kepada UMKM ini menggunakan pendekatan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi, sekaligus sebagai upaya untuk menghidupkan kembali semangat berkarya yang sempat redup dikarenakan kondisi Pandemi Covid-19.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno optimistis sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat terus berkembang menjadi kunci kebangkitan ekonomi nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News