Saran Buat Kaesang Jika Benar Ingin Maju Pilkada, Penting

Saran Buat Kaesang Jika Benar Ingin Maju Pilkada, Penting
Dokumentasi - Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep (baju hitam). Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com - SOLO - Pengamat politik dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Abdul Hakim memberi saran terhadap putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, yang belakangan disebut tertarik maju sebagai kandidat kepala daerah pada Pilkada 2024.

Menurut Abdul Hakim, keinginan tersebut sah-sah saja dan sangat dimungkinkan. Namun, sebaiknya Kaesang maju sebagai kandidat kepala daerah pada Pilkada 2029, bukan pada Pilkada 2024.

Dia menilai Pilkada 2029 merupakan waktu yang tepat, mengingat Presiden Jokowi saat ini masih menjabat dan baru selesai periode kepemimpinan keduanya pada 2024.

"Tentu akan lebih tepat ketika menunggu Pak Jokowi selesai (mengemban jabatan presiden)," ujar Abdul Hakim di Solo, Jawa Tengah, Jumat (27/1).

Abdul Hakim lantas memaparkan alasan dari pandangannya tersebut.

"Memang 2024 Pak Jokowi sudah selesai (masa jabatannya), tetapi kan masih aktif. Beliau saat itu baru saja selesai jadi presiden."

"Pengaruh politik masih sangat kuat karena rekam jejak sebagai presiden," ucapnya.

Abdul Hakim juga menyebut hasil survei sejumlah lembaga independen juga memperlihatkan kepercayaan responden terhadap Presiden sangat tinggi.

Abdul Hakim memberi saran bagi putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, jika benar tertarik maju pilkada.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News