Satgas Aman Nusa Dirikan Kampung Siaga untuk Cegah Penyebaran COVID-19

Satgas Aman Nusa Dirikan Kampung Siaga untuk Cegah Penyebaran COVID-19
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono menerangkan bahwa Satgas Operasi Aman Nusa Dua II terus melakukan kegiatan untuk mencegah penyebaran pandemi virus corona atau COVID-19 di Indonesia.

Salah satunya dengan mendirikan kampung siaga untuk memutus mata rantai COVID-19.

Argo menyebut kampung tersebut menggunakan protokol COVID-19, seperti menyediakan tempat cuci tangan dan memberlakukan pentingnya jaga jarak (physical distancing).

“Kegiatan dilakukan oleh beberapa polda, seperti di Jawa Timur ada Kampung Tangguh, di Jawa Tengah ada Kampung Siaga, dan di Kalimantan Tengah ada Desa Pantang Mundur,” ujar Argo di Jakarta, Selasa (2/6).

Jenderal bintang dua ini memerinci, nama kampung yang dipilih disesuaikan dengan karakter warga setempat agar masyarakat sekitar mudah memahami pentingnya menjaga kebersihan dan bahaya COVID-19.

Mantan Kapolres Nunukan ini berharap, tiga kampung yang didirikan oleh Satgas Aman Nusa II ini bisa menjadi contoh untuk polda lainnya.

“Kampung-kampung itu memahami bagaimana menggunakan protokol kesehatan. Upaya kepolisian ini juga dan dibantu oleh TNI, perangkat desa dan tokoh masyarakat setempat,” imbuh Argo.

Diketahui, Polri telah memperpanjang Operasi Aman Nusa II hingga 30 Juni 2020. Keputusan itu dilakukan dikarenakan penyebaran COVID-19 di Indonesia yang masih tinggi.

Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono menerangkan bahwa Satgas Operasi Aman Nusa Dua II terus melakukan kegiatan untuk mencegah penyebaran pandemi virus corona atau COVID-19 di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News