Satgas Covid-19 Buka Data Kepatuhan Masyarakat Terhadap Prokes

Satgas Covid-19 Buka Data Kepatuhan Masyarakat Terhadap Prokes
Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny Harry B Harmadi. Foto: Mesya/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 mengapresiasi kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Data menunjukkan bahwa kepatuhannya (penerapan protokol kesehatan) tinggi sampai sekarang," kata Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19 Sonny Harry B. Harmadi, dalam webinar bertajuk Jurus Antisipasi Gelombang Ketiga, Selasa (28/9).

Dia menjelaskan dengan adanya ketaatan masyarakat menerapkan prokes, maka pembukaan aktivitas dapat dilakukan dengan aman, apalagi dengan pengawasan melalui aplikasi PeduliLindungi.

"Pembukaan aktivitas dilakukan dengan sangat berhati-hati ditambah dengan adanya protokol kesehatan digital melalui aplikasi PeduliLindungi," tutur Sonny.

Pemerintah dapat mengizinkan penyelenggaraan kegiatan besar dengan kewajiban mengikuti pedoman yang telah ditetapkan sebagai upaya mempercepat pemulihan ekonomi nasional, khususnya di sektor pariwisata.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan bahwa kebijakan tersebut diambil usai mempertimbangkan perlunya mewadahi aktivitas masyarakat agar tetap produktif, tetapi juga aman dari Covid-19.

Pihak Satgas Covid-19 mengatakan ketaatan masyarakat terhadap prokes membuat pembukaan aktivitas bisa dilakukan dengan aman.