Satgas Covid-19: Capaian Indonesia Berpengaruh Besar dalam Penanganan Pandemi Global

Satgas Covid-19: Capaian Indonesia Berpengaruh Besar dalam Penanganan Pandemi Global
Wiku Adisasmito. Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 menyebutkan bahwa Indonesia memiliki 3,5 persen dari populasi dunia dan luas wilayah melebihi wilayah Eropa Barat. 

Karena itu, Indonesia memiliki peran penting di tingkat dunia dalam upaya bersama menuntaskan pandemi Covid-19. 

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan ada tantangan yang dihadapi Indonesia dalam penanganan pandemi. 

Sebab, secara populasi, Indonesia berisiko memberi kontribusi cukup besar dalam kasus Covid-19 dunia. 

Selain itu, banyaknya pintu masuk pendatang juga menjadi tantangan. 

"Jika Indonesia mampu mengendalikan Covid-19 dengan baik, maka akan memberi pengaruh besar dalam pengendalian secara global," kata Prof Wiku dalam International Press Brifieng secara virtual yang disiarkan di akun Sekretariat Presiden di YouTube. 

Indonesia dalam penanganan pandemi melakukan pengendalian secara berlapis dan memberikan hasil luar biasa, terutama menekan kasus Covid-19 secara nasional.

Kebijakan berlapis tersebut antara lain mengatur pelancong internasional, pelancong domestik, dan mengendalikan aktivitas orang di rumah, bepergian, atau saat melakukan aktivitas di luar rumah. 

Satgas Penanganan Covid-19 mengingatkan kepada masyarakat bahwa Indonesia memiliki peran penting di tingkat dunia dalam upaya bersama menuntaskan pandemi. Sejumlah langkah telah diambil pemerintah.