Satgas Covid-19 Telah Periksa Ratusan Orang Terkait Anies-Ariza, Banyak yang Positif

Satgas Covid-19 Telah Periksa Ratusan Orang Terkait Anies-Ariza, Banyak yang Positif
Prof Wiku Adisasmito. Foto: diambil dari covid19goid

jpnn.com, JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 terus melakukan tracing atau pelacakan terkait dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wagub Ahmad Riza Patria (Ariza) yang positif Corona.

Melalui Dinas Kesehatan DKI Jakarta, upaya tracing dilakukan kepada kontak terdekat dari Anies Baswedan dan Ariza.

Tracing dilakukan kepada 437 orang yang melakukan kontak erat dengan Gubernur dan Wagub DKI Jakarta.

"Dari tracing yang sudah dilakukan, ditemukan sebanyak 24 orang positif Covid-19. Perinciannya, lima orang berasal dari kontak erat gubernur, dan 19 orang kontak erat wakil gubernur," jelas Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta, Kamis (4/12).

Karena itu, Wiku mengimbau pemerintah daerah melakukan tindakan tegas dengan membubarkan kegiatan yang menimbulkan kerumunan. Hal itu untuk menekan penularan Covid-19 di daerah lain.

Satgas pusat, katanya, selalu berkoordinasi dengan Satgas di daerah termasuk penyelenggaraan pemilu untuk memastikan pemilihan kepala daerah serentak berjalan bebas Covid-19.

Pemerintah juga telah menandatangani surat keputusan bersama yang merevisi jumlah cuti bersama akhir tahun 2020. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi potensi meningkatnya kasus positif Covid-19 akibat periode libur panjang sebelumnya.

"Saya tekankan kepada pemerintah daerah untuk terus mengoptimalkan penegakan disiplin terhadap protokol kesehatan tanpa pandang bulu. Daerah harus berani dan tegas membubarkan kerumunan," jelas Wiku. (tan/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

Setelah Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria positif Covid-19, pihak kesehatan melakukan penelusuran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News