Satgas TNI AL Bantu Warga Terdampak Bencana Erupsi Gunung Semeru

Satgas TNI AL Bantu Warga Terdampak Bencana Erupsi Gunung Semeru
Ratusan personel TNI AL membantu warga terdampak bencana gunung Semeru dan sudah berada di Posko Utama Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candi Puro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Foto: Dispenal

jpnn.com, LUMAJANG - TNI AL mengerahkan ratusan prajuritnya untuk membantu warga terdampak bencana gunung Semeru. Para prajurit TNI AL tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana Erupsi Gunung Semeru dari Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) V Surabaya.

Dinas Penerangan TNI AL (Dispenal), Selasa (7/12) melaporkan TNI AL telah mengerahkan ratusan personelnya khususnya Lantamal V Surabaya. Satgas saat ini sudah berada di Posko Utama Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candi Puro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Berbagai perlengkapan seperti tenda lapangan, obat-obatan, dukungan kesehatan lainnya, hingga kendaraan taktis dikerahkan guna melaksanakan evakuasi serta pertolongan kepada masyarakat terdampak bencana.

Bersamaan dengan pengerahan pasukan ke wilayah bencana alam, TNI AL khususnya wilayah Lantamal V Surabaya juga tengah membuka posko bantuan kemanusiaan TNI AL Lantamal V.

Posko ini bertujuan mengumpulkan bantuan kemanusiaan baik itu dari institusi, satuan TNI, masyarakat hingga sektor swasta untuk secepatnya didistribusikan menuju lokasi bencana meletusnya Gunung Semeru.

Selain itu, Dinas Psikologi TNI AL (Dispsial) juga dikerahkan untuk memberikan bantuan Healing kepada warga terdampak khususnya anak-anak yang sampai saat ini masih berada di sejumlah tempat pengungsian.

Ini adalah merupakan respons cepat jajaran TNI AL Lantamal V dalam penanggulangan bencana alam yang terjadi di Lumajang. Hal ini sesuai instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono agar keberadaan prajurit TNI AL dapat bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya.(fri/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

TNI AL mengerahkan ratusan prajuritnya untuk membantu warga terdampak bencana gunung Semeru.


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News