JPNN.com

Satu Dokter Layani 3.500 Orang

Kamis, 29 September 2011 – 10:49 WIB
Satu Dokter Layani 3.500 Orang - JPNN.com
Satu Dokter Layani 3.500 Orang
MATARAM- Jumlah dokter yang dihasilkan sekitar 72 institusi pendidikan dokter di Indonesia mencapai 5 ribu orang per tahun. Jumlah ini dianggap masih jauh dari cukup jika melihat kebutuhan.

Saat ini, perbandingan dokter dan penduduk di Indonesia masih tinggi, yakni 1 orang dokter melayani 3.500 orang. Masih jauh dibandingkan malaysia yang sudah memiliki perbandingan yang lebih baik, yakni 1:1200.

‘’Saat ini, tidak dapat kita pungkiri, distribusi dokter spesialis masih terpusat di Kota. Sebagian besar spesialis umumnya memang lebih memilih bekerja di kota-kota besar, khususnya Jakarta,’’ kata Ketua I Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI) Prof dr Ali Gufhron Mukti,Ph.D kepada wartawan di Hotel Santosa Senggigi Lombok Barat , kemarin.

Menurutnya, persoalan dunia kedokteran ini tidak hanya dari sisi jumlah, tapi juga dari sisi kualitas. Sehingga, peningkatan profesionalsme dokter serta etika kedokteran menjadi hal pokok yang perlu mendapat perhatian. Dan institusi pendidikan dokter diharapkan mampu memberikan pendidikan yang berkualitas kepada mahasiswa.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
tomo