Saudari Thaksin Banjir Dukungan

Saudari Thaksin Banjir Dukungan
Saudari Thaksin Banjir Dukungan
BANGKOK - Thailand bakal menghelat pemilihan umum (pemilu) Minggu besok (3/7). Pemilu pertama pasca kerusuhan sipil yang merenggut sedikitnya 90 orang itu diramaikan oleh 3.832 kandidat dari 42 partai. Mulai kemarin (1/7), para pengamat politik internasional mulai memusatkan perhatian mereka ke Bangkok.

Para pakar meramalkan pemilu legislatif dan perdana menteri (PM) baru itu bakal menjadi momentum kembalinya Thaksin Shinawatra. Apalagi, dukungan untuk Phak Phuea Thai alias Partai Pheu Thai (PTP) terus meningkat. Wajah baru partai Thai Rak Thai yang didirikan Thaksin itu mengusung Yingluck Shinawatra sebagai kandidat nomor satu. Jika PTP menang, adik perempuan Thaksin itu akan menjadi PM.

"Thaksin-lah pemenang seluruh pemilu Thailand pada abad 21 ini. Partai yang dia pimpin tak pernah kalah," kata Thitinan Pongsudhirak, pakar ilmu politik dari Chulalangkorn University di Bangkok. Sejak terbentuk pada 20 September 2008 pun, PTP tak pernah lepas dari peranan penting Thaksin. Taipan Thailand yang kini bermukim di Dubai tersebut juga menjadi donatur sekaligus pemimpin de facto partai.

Bagi kalangan pekerja, terutama yang tinggal di wilayah pinggiran kota, tokoh 61 tahun itu tetap menjadi idola. Bahkan, tuduhan korupsi tak membuat anggota dan simpatisan PTP berhenti mengagumi Thaksin. Sebagai bentuk penghormatan terhadap mantan PM yang lengser setelah kudeta 2006 itu, kalangan pekerja Thailand mengalihkan dukungan mereka kepada Yingluck.

BANGKOK - Thailand bakal menghelat pemilihan umum (pemilu) Minggu besok (3/7). Pemilu pertama pasca kerusuhan sipil yang merenggut sedikitnya 90

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News