"Saya Akan Datang ke Jokowi"

"Saya Akan Datang ke Jokowi"
Poster kampanye Duterte. FOTO : Apocea

jpnn.com - Wartawan Jawa Pos Kardono Setyarahmadi kemarin petang mendapat kesempatan mewawancarai Rodrigo Roa Duterte, Capres Filipina yang kini berada di urutan teratas versi hitung cepat. Namanya digadangkan akan melenggang ke Istana Malacanang.   

Semua hasil hitung cepat memenangkan Anda, tinggal menunggu peresmian Duterte memimpin Filipina, apa yang ingin Anda wujudkan dalam enam tahun ke depan? 

Filipina yang kuat, bersih, dan aman. Tiga kata itu mewakili sesuatu yang sangat luas. Kuat tersebut berarti tidak ada lagi kelompok separatis yang solid sebagai sebuah negara. Bersih bukan hanya lingkungannya, tapi juga pemerintahannya. Sedangkan rasa aman harus dirasakan semua rakyat.

Bagaimana Anda melihat Indonesia? Apa yang bisa Anda kerja samakan dengan Presiden Jokowi? 

Kami memandang Indonesia sebagai partner yang sangat strategis untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan regional. Indonesia termasuk negara pertama yang akan saya datangi. Saya optimistis bisa bekerja sama dengan baik bersama Presiden Jokowi. 

Saat ini masih ada empat WNI yang menjadi sandera kelompok Abu Sayyaf. Bagaimana Anda menyelesaikan permasalahan itu? 

Soal keamanan adalah nomor satu. Orang-orang bilang bahwa masalah utama Filipina sesungguhnya bukanlah resesi atau infrastruktur. Tapi, masalah keamanan. Hanya, saya melakukan pembedaan jenis kriminal dan penanganannya. 

Maksudnya? 

Wartawan Jawa Pos Kardono Setyarahmadi kemarin petang mendapat kesempatan mewawancarai Rodrigo Roa Duterte, Capres Filipina yang kini berada di urutan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News