SBY Lantik Timur, Jakgung Tunggu Ketua KPK Baru

SBY Lantik Timur, Jakgung Tunggu Ketua KPK Baru
Kapolri Baru : Komjen Pol. Timur Pradomo mendapat ucapan selamat dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono usai dilantik, Jumat (22 Okt 2010) di Istana Negara, Jakarta. Komjen Pol. Timur Pradopo resmi menjabat sebagai Kopolri menggantikan Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri. Foto: Mustafa Ramli/Jawa Pos
JAKARTA - Teka-teki siapa yang akan mengisi posisi jaksa agung masih belum jelas. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hingga kini belum memutuskan figur yang akan menjadi orang nomor satu di Korps Adhyaksa itu. Kemarin (22/10), presiden hanya melantik Komjen Pol Timur Pradopo menjadi Kapolri di Istana Negara.

Padahal, pertengahan September lalu, SBY pernah mengatakan akan melantik Kapolri dan Jaksa Agung secara bersamaan. Menanggapi hal itu, Mensesneg Sudi Silalahi mengatakan, presiden masih mencari sosok jaksa agung yang tepat. "Ternyata malah nggak bareng kan. Kita masih cari yang lebih baik dari Hendarman (Hendarman Supandji, Red)," kata Sudi seusai acara pelantikan Kapolri.

Sejak presiden mengumumkan akan mengganti Kapolri dan jaksa agung, bursa nama-nama yang akan mengisi dua posisi itu banyak bermunculan. Khusus jaksa agung, selain calon dari jaksa karir (internal), juga muncul nama-nama dari luar institusi penuntutan itu.

Salah satunya adalah memilih antara Bambang Widjojanto dan Busyro Muqoddas. Keduanya merupakan calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang lolos panitia seleksi dan akan menjalani fit and proper test di DPR. Wacana yang muncul adalah mendudukkan calon tidak terpilih sebagai pimpinan KPK menjadi jaksa agung.

JAKARTA - Teka-teki siapa yang akan mengisi posisi jaksa agung masih belum jelas. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hingga kini belum memutuskan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News