SBY: Redam Masalah, Selesaikan Batas Wilayah

SBY: Redam Masalah, Selesaikan Batas Wilayah
SBY: Redam Masalah, Selesaikan Batas Wilayah
JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menilai bahwa konflik yang selama ini sering menjadi pemicu memanasnya hubungan antara Indonesia-Malaysia, adalah mengenai batas wilayah. Karena itulah, SBY menegaskan bahwa langkah yang paling tepat untuk meredam berbagai masalah tersebut adalah dengan mempertegas batas wilayah. Baik darat, laut dan udara, di antara kedua negara.

"Dari berbagai pengalaman yang ada ini, solusi yang paling tepat guna mencegah insiden serupa, (adalah) harus segera dituntaskan masalah perundingan batas wilayah darat, maritim, termasuk Selat Singapura, Sulawesi atau Ambalat," tegas SBY dalam konferensi pers di Mabes TNI, Cilangkap, Rabu (1/9).

SBY mengatakan, berbagai insiden yang menjadi pemicu konflik kedua negara sebenarnya bisa dicegah. Di antaranya dengan segera menuntaskan batas wilayah antara Indonesia-Malaysia, dengan tetap melakukan koordinasi yang baik di antara kedua belah pihak.

"Saya juga mendorong agar proses runding batas maritim ini dapat tuntas secepatnya. Atas berbagai insiden tersebut, Kemenlu sudah menyampaikan nota protes, dan Menlu kedua negara melakukan koordinasi yang intensif. Indonesia berpendapat, bahwa mengenai batas wilayah ini harus dapat diselesaikan dengan cepat dan efektif pelaksanaannya," kata SBY.

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menilai bahwa konflik yang selama ini sering menjadi pemicu memanasnya hubungan antara Indonesia-Malaysia,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News