SBY: Sebagian Kecil Tugas Kembali

SBY: Sebagian Kecil Tugas Kembali
SBY: Sebagian Kecil Tugas Kembali
JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengisyaratkan bahwa hanya sebagian kecil saja menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid pertama yang masih akan dipakai pada KIB jilid kedua. SBY berharap para menteri yang tidak bergabung lagi di KIB jilid kedua untuk tidak berkecil hati dan bisa memahami realitas politik.

"Sebenarnya saya tidak memakai istilah perpisahan, tetapi berpisah untuk bertemu kembali. Kita tidak mengenal demisioner, meskipun mungkin sebagian kecil, saya harus menggunakan istilah sebagian kecil, agar dimengerti, untuk mendapat penugasan kembali," kata SBY kepada para menteri dalam perpisahan di Istana Negara Jakarta, Jumat (16/10) petang.

SBY mengajak para menteri untuk tidak berhenti mengabdikan diri kepada bangsa. "Pengabdian tak mengenal batas akhir. Itu adalah ibadah. Meski tidak mengabdi di kabinet, tetapi bisa mengabdi di medan yang lain. Semua pengabdian itu mulia," kata dia.

Dia pun menyebut beberapa contoh pengabdian para tokoh bangsa. "Saya contohkan, dulu di masa pemerintahan Pak Abdurrahman Wahid dan Ibu Megawati, saya dan Pak Jusuf Kalla sama-sama sebagai menteri di kabinet. Ada juga teman-teman kita yang awalnya jadi menteri, periode berikutnya jadi menteri lagi. Namun ada pula yang sebelumnya tidak menjadi menteri lalu menjadi menteri. Ada yang dari bisnisman menjadi menteri, lalu dari menteri kembali ke bisnisman. Ada yang dari kampus sebagai dosen lalu menjadi menteri, sebaliknya setelah jadi menteri kembali ke kampus menjadi dosen lagi, ada pula yang dari parlemen menjadi menteri atau sebaliknya dari menteri pindah ke parlemen. Banyak contoh lain. Saya ingin mengatakan bahwa dinamika itu selalu terjadi, berarti kalau pun ada penyegaran berarti itu bukan sesuatu yang luar biasa. Dengan pemahaman seperti itu, kita bisa berbuat terbaik untuk bangsa," ujar SBY.

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengisyaratkan bahwa hanya sebagian kecil saja menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid pertama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News