SBY Yakinkan ASEAN Bisa Lebih Berperan di Kancah Global

SBY Yakinkan ASEAN Bisa Lebih Berperan di Kancah Global
SBY Yakinkan ASEAN Bisa Lebih Berperan di Kancah Global
JAKARTA - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-18 (18th ASEAN Summit) resmi dibuka oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu (7/5) pagi, sekitar pukul 09.25 WIB. Mengawali pidato pembukaannya di hadapan para tamu undangan, SBY terlebih dulu tak lupa mengucapkan selamat datang kepada seluruh kepala negara, kepala pemerintahan, berikut segenap delegasi yang hadir.

"Atas nama rakyat, pemerintah dan negara Republik Indonesia, izinkan saya untuk menyampaikan ucapan selamat datang di Indonesia, kepada Yang Mulia para kepala negara dan kepala pemerintahan negara-negara sahabat yang datang dari kawasan ASEAN," tutur SBY kepada para undangannya.

Lebih jauh kemudian, SBY pun menyampaikan sejumlah poin pandangan atau pokok pikirannya, terutama selaku Kepala Negara Pemimpin ASEAN saat ini, terhadap keberadaan serta langkah ke depan dari organisasi resmi negara-negara Asia Tenggara itu. Di mana antara lain, SBY menegaskan bahwa KTT ke-18 ASEAN ini memiliki arti penting bagi upaya bangsa-bangsa di ASEAN untuk menghadapi dan memberi solusi atas tantangan di masa depan.

SBY memaparkan bahwa di awal abad ke-21 ini, tantangan yang dihadapi (negara-negara ASEAN khususnya) amat kompleks, beragam, serta bersifat lintas negara. Namun demikian, ia mengaku berbangga hati karena sejauh ini kerjasama dan soliditas negara-negara anggota organisasi ini bisa terus berjalan dengan baik dan lancar. Hal itu pula menurutnya, yang membuatnya bisa bersyukur dan merasa bangga dengan kenyataan kian banyaknya negara (di luar ASEAN) belakangan ini yang berkeinginan untuk meningkatkan hubungan dan kerjasama dengan ASEAN.

JAKARTA - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-18 (18th ASEAN Summit) resmi dibuka oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), di Jakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News