Sebastian Vettel Pensiun Dari F1, Ini Pencapaiannya

Sebastian Vettel Pensiun Dari F1, Ini Pencapaiannya
Pebalap tim Aston Martin Sebastian Vettel menyapa para penggemar pada Grand Prix Abu Dhabi di Sirkuit Yas Marina, Uni Emirat Arab (20/11/2022). ANTARA/AFP/Ben Stansall/aa.

jpnn.com - Juara dunia empat kali Sebastian Vettel memutuskan pensiun dari balapan Formula 1.

Grand Prix Abu Dhabi menjadi pemungkas kariernya dalam Formula 1 pada Minggu lalu.

Pembalap berusia 35 tahun asal Jerman itu pamitan dari F1 dengan mengumpulkan 3.098 poin, 57 pole position, 53 kemenangan, dan empat gelar juara dunia.

Pada sesi wawancara dengan juara dunia Jenson Button di lintasan setelah lomba, Vettel mengatakan, "Saya harap bisa mendapat poin lebih banyak, tapi saya menikmati balapan ini."

"Terima kasih yang tiada tara atas dukungan semuanya, banyak sekali bendera, wajah yang tersenyum, yang sangat-sangat spesial. Saya yakin saya akan merindukan ini dari yang saya rasakan sekarang ini," sambung dia.

Ketika dimintai untuk menyampaikan pesan-pesan terakhirnya sebelum pensiun, Vettel, yang sering menyuarakan sejumlah isu sosial mulai dari kesetaraan hingga perubahan iklim, berharap rekan-rekan pembalap dan semua pihak meneruskan kerja baik mereka selama ini.

"Dua tahun terakhir mungkin sedikit mengecewakan dari sudut pandang olahraga, tetapi sangatlah berguna dan penting bagi saya dalam hidup saya. Banyak hal terjadi, banyak hal yang saya sadari," ucap Vettel.

"Saya rasa berada pada posisi kita sekarang ini adalah keistimewaan yang sangat besar, dan dengan itu ada tanggung jawab."

Juara dunia empat kali Sebastian Vettel memutuskan pensiun dari balapan Formula 1.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News