Sedihnya, Kurang Murid, Sekolah Terancam Ditutup

Sedihnya, Kurang Murid, Sekolah Terancam Ditutup
Salah satu sekolah dasar di Kabupaten Mukomuko. Foto: Dok.Antarabengkulu.com

jpnn.com, BENGKULU - Sebanyak dua sekolah menengah atas di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, terancam ditutup karena jumlah siswa di sekolah tersebut kurang sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Dua sekolah di daerah ini bisa ditutup atau ‘merger’, yakni SMA 12 di Kecamatan Air Dikit dan SMA 15 di Kecamatan Sungai Rumbai karena jumlah siswa di sekolah ini kurang,” kata Kepala Kantor Cabang Pendidikan Wilayah IV Kabupaten Mukomuko Jasni Bahari di Mukomuko, Senin.

Sebanyak 27 sekolah menengah atas sederajat baik negeri maupun swasta yang tersebar di sejumlah wilayah daerah ini.

Dia menyebutkan, minimal jumlah siswa di setiap sekolah menengah atas sebanyak 60 orang, yakni 20 orang siswa kelas 10, sebanyak 20 orang siswa kelas 11 dan sebanyak 20 orang siswa kelas 12.

Namun, setiap tahun jumlah siswa baru yang diterima di dua sekolah yang tersebar di dua kecamatan daerah ini, katanya, tidak mencapai sebanyak 20 orang untuk satu ruangan belajar padahal daerah ini sejak beberapa tahun terakhir menerapkan sistem zonasi.

Zonasi itu dilakukan dalam penerimaan siswa baru agar tidak adanya penumpukan jumlah siswa di satu sekolah di daerah ini.

“Kami sudah menerapkan sistem zonasi tetapi banyak cara yang dilakukan oleh warga untuk mendapatkan keinginannya dengan cara pindah domisili ke sekolah tujuan,” ujarnya pula.

Dia mengungkapkan jumlah siswa baru yang diterima di SMA 12 Air Dikit tidak mencapai kuota yang ditetapkan karena banyak anak-anak dari wilayah ini masuk ke SMA 1 Kota Mukomuko.

Setiap tahun jumlah siswa baru yang diterima di dua sekolah yang tersebar di dua kecamatan daerah ini, katanya, tidak mencapai sebanyak 20 orang sehingga ada kekurangan murid.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News