Sejak Lahir Bagir Tidak Punya Anus

Sejak Lahir Bagir Tidak Punya Anus
Muhamad Bagir Solehudin (7) yang lahir tanpa anus. Foto: Radar Bogor

jpnn.com, BOGOR - Muhamad Bagir Solehudin (7) tumbuh tidak seperti anak lainnya. Putra pertama dari pasangan Dedi Sholehudin (45) dan Siti Mariah (35) warga Kampung Baru RT 05/01, Desa Bojong Jengkol, Kecamatan Ciampea, Bogor, Jawa Barat, lahir tanpa anus dan harus buang air besar (BAB) di atas perut.

“Kondisi pencernaannya tidak berfungsi baik, makanya tim dokter membuat anus buatan di atas perut,” kata Dedi Sholehudin ketika ditemui Radar Bogor, Kamis (25/7).

Ia mengatakan, anaknya sudah beberapa kali menjalani operasi. Pertama pembuatan anus, kedua ada perekatan usus karena ada yang bocor, dan ketiga pemulihan operasi.

BACA JUGA: Orang Tua Miskin, Bayi Tanpa Anus Terpaksa Dipulangkan RS

“Selama ini tidak merasakan sakit, tapi pertumbuhannya sedikit terhambat dan saya di Cinangneng hanya mengontrak. Untuk pengobatan saja butuh biaya besar,” ucapnya.

Dedi sudah membawa anaknya ke beberapa rumah sakit untuk dilakukan pengobatan. “Untuk lapisan anus buatan saja saya bikin sendiri dari plastik tahu, saya harap ada pihak yang bisa meringankan beban pengobatan anak saya,” katanya. (nal)


Bagir sudah menjalani operasi beberapa kali, mulai dari pembuatan anus, operasi perekatan usus karena ada yang bocor, dan pemulihan operasi.


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News