JPNN.com

Sejarawan Pamer 10 Surat Tulisan Tangan RA Habibie Berisikan Kerinduan untuk BJ Habibie

Kamis, 12 September 2019 – 23:37 WIB Sejarawan Pamer 10 Surat Tulisan Tangan RA Habibie Berisikan Kerinduan untuk BJ Habibie - JPNN.com
Tulisan tangan dari ibunda Habibie untuk BJ Habibie. Foto : FC Ichwan Azhari

jpnn.com, MEDAN - Kepergiaan Presiden Ketiga Republik Indonesia, BJ Habibie dikenang karena sosoknya yang patut ditiru. Bukan hanya karena kepintaran, kesetiaannya dengan sang istri Ainun Habibie, namun ternyata pada masa mudanya, dia juga sosok yang dididik dengan sangat baik oleh keluarganya.

Menempuh pendidikan jauh di Jerman, kerinduan mendalam sangat dirasakan keluarga besarnya. Bahkan sang ibunda, R.A. Tuti Marini Puspowardojo atau RA Habibie sering kali menuliskan surat untuk putranya tersebut.

Ini terungkap lewat penuturan sejahrawan Sumatera Utara (Sumut), Dr. Phil. Ichwan Azhari.

Ichwan Azhari juga dikenal sebagai Ketua Pusat Studi Sejarah dan Ilmu-Ilmu Sosial (Pussis) yang pernah menempuh pendidikan di Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Indonesia di Universitat Hamburg, Jerman.

Dari sinilah dia mendapati surat-surat RA Habibie yang didapatnya dari pedagang barang bekas.

Lewat unggahan akunnya di Facebook, Kamis siang, Ichwan menuturkan kisah tentang surat-surat tersebut dengan tajuk Surat Surat dari Ibunda Habibie Berisi Kerinduan pada BJ Habibie ditemukan di Jerman.

Simak penuturannya seperti ini;

“Komen Sie hier. Ich habe viele Briefumslag fuer Habibie aus Indonesien.” (Tuan kemarilah, saya memiliki banyak sampul surat yang dikirim untuk Habibie dari Indonesia.). Pedagang itu sudah lama mencari saya karena dia mengenali saya sebagai pengumpul benda benda filateli asal Indonesia di berbagai bursa dan lelang (Auction) Prangko di Jerman.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...