Sejumlah Ruas Jalan di Tanah Karo Terputus Akibat Longsor

Sejumlah Ruas Jalan di Tanah Karo Terputus Akibat Longsor
Longsor. Ilustrasi Foto: JPG/dok.JPNN.com

jpnn.com, KARO - Sejumlah ruas jalan di Kabupaten Karo tertimbun longsor setelah diguyur hujan deras disertai angin kencang sejak Kamis (14/12) hingga Jumat (15/12) pagi.

Selain longsor, ada sekitar empat tiang listrik tumbang yang menyebabkan aliran listrik padam seharian di sejumlah desa. Sejauh ini, tak ada korban jiwa dan luka akibat bencana ini.

Data yang dirangkum Sumut Pos dari Kabid Kedaruratan dan Logistik Dinas BPBD Karo, Natanael Perangin-angin, longsor dan pohon tumbang tersebar di beberapa kecamatan yakni, Kecamatan Kabanjahe, tepatnya di Desa Kandibata, terjadi longsor tiga titik di jalan nasional penghubung Kabupaten Karo dan Provinsi Aceh dan mengakibatkan arus lalu lintas mengalami macat sepanjang 10 Km.

Sejauh ini Pemkab Karo dan warga sudah mengevakuasi material longsoran hingga jalan kembali normal. Selanjutnya di Kecamatan Simpang Empat tepatnya di Desa Torong dan Desa Perteguhen juga mengalami longsor dan kayu tumbang. Tepatnya di Jalan Provinsi penghubung Kabupaten Karo ke Kabupaten Langkat.

“Untuk Desa Perteguhen telah dilaksanakan penanganan. Untuk Desa Torong belum dilaksanakan penanganan, karena medan yang sulit serta alat berat masih menangani di desa lain, di Desa Lingga Julu, longsor di pinggir jalan desa dan menyebabkan 3 rumah warga mengalami kerusakan,” terangnya.

Di Kecamatan Merdeka, tepatnya di Desa Deiram longsor dan kayu tumbang di jalan perladangan sampai saat ini belum ditangani. Kecamatan Tiganderket Desa Perbaji, terjadi longsoran kecil di jalan Desa Perbaji menuju Desa Tiganderket dan telah dilaksanakan pembersihan, longsor juga terjadi di jalan penghubung Desa Tanjung Kecamatan Tiganderket menuju ke Desa Perbesi,Kacamatan Tiga Binanga juga terputus total akibat longsor.

Desa Suka Ndebi Kecamatan Naman Teran, Longsor juga terjadi dan alat berat sedang melaksanakan pembersihan. Masih menurut Natanael, atas bencana longsor yang terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Karo, pihaknya belum ada menerima laporan terkait adanya korban jiwa.

Karena keterbatasan alat berat untuk menanggulangi tanah longsor sementara waktu masih dilakukan pembersihan secara bergiliran atau bergantian. Sementara di Desa Suka Kecamatan Tigapanah, sedikitnya ada 3 tiang listrik yang tumbang. Akibat peristiwa ini, listrik padam seharian di enam desa sekitar Kecamatan Tigapanah.

Sejumlah ruas jalan di Kabupaten Karo tertimbun longsor setelah diguyur hujan deras disertai angin kencang sejak Kamis (14/12) hingga Jumat (15/12) pagi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News