Sekjen DPR Indra Iskandar Pastikan P20 Siap Diselenggarakan, Ini Isu yang Dibahas

Sekjen DPR Indra Iskandar Pastikan P20 Siap Diselenggarakan, Ini Isu yang Dibahas
Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Isksandar mengecek kesiapan acara P20 di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (5/10/2022). Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - DPR RI siap menyelenggarakan The 8th G20 Parliamentary Speakers’ Summit (P20) selama Rabu-Jumat pada 5-7 Oktober 2022 sesuai dengan rule yang digariskan oleh Inter-Parliamentary Union (IPU). 

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar mengungkapkan parlemen dunia akan membahas beberapa isu, antara lain sustainable development goals (SDGs), lingkungan, gender, pangan, kesehatan, dan demokrasi.

“Berbagai persidangan khususnya untuk bilateral dimulai dari kemarin. Hari ini, beberapa negara melakukan pertemuan bilateral dengan Ketua DPR, Pimpinan DPR, dan komisi. Hari ini, bilateral masih berlangsung dan terus berlangsung sampai besok.Kami berfokus pada Opening Parliamentary Speakers’ Summit besok pada pukul 14.00 oleh Presiden Jokowi,” ujar Indra di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (5/10).

Selain itu, DPR RI bersama seluruh Head of Delegation, sebelum penutupan P20 pada (7/10) menanam pohon sebagai salah satu komitmen pembahasan energi terbarukan.

Indra mengungkapkan, kesempatan ini merupakan momen bagi DPR RI untuk mempresentasikan kepada delegasi-delegasi P20 bahwasanya kompleks parlemen ini sudah menerapkan energi baru terbarukan.

Salah satunya menyampaikan kepada para delegasi bahwasanya seluruh atap Gedung DPR RI saat ini dipasang panel surya.

Di tempat penanaman pohon, Taman Energi DPR RI terlihat oleh seluruh Head of Delegation. 

Terkait penggunaan pembangkit listrik tenaga surya, uji cobanya kami lakukan sekitar 5-6 bulan lalu. Besok itu hanya penegasan-penegasan. Jadi, selama ini, dari hasil pengukuran kami, sekitar seperempat tenaga listrik yang digunakan DPR RI disuplai dari tenaga surya,” ucapnya. (mrk/jpnn)

Sekjen DPR RI Indra Iskandar memastikan P20 siap diselenggarakan untuk membahas SDGs, lingkungan, gender, pangan, kesehatan, dan demokrasi


Redaktur & Reporter : Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News