Sekjen Kemendagri Mengingatkan Para Sekda Pentingnya Berakhlak

Sekjen Kemendagri Mengingatkan Para Sekda Pentingnya Berakhlak
Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro dan Founder ESQ Ary Ginanjar Agustian. Foto: Ist for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Sekjen Kemendagri) Suhajar Diantoro mengajak seluruh aparatur sipil negara (ASN), terutama para sekretaris daerah mendalami makna pentingnya Berakhlak dalam mengemban amanah sebagai abdi negara.

Berakhlak artinya Berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif.

Dia mengatakan hal tersebut saat membuka Rapat Kerja Nasional Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) yang dilaksanakan secara hybrid dari Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Senin (23/5).

Forsesdasi kali ini digelar dengan menggandeng ESQ Leadership Center.

"Dalam kesempatan ini juga, dibahas Core Values ASN yang baru yaitu Berakhlak, yang telah diluncurkan oleh Presiden Jokowi Juli tahun lalu."

"Sebelum menjadi Core Values ASN Berakhlak, KemenPAN-RB dan jajarannya mengadakan survei nasional budaya kerja di berbagai wilayah. Lalu, semua itu diambil kesimpulan atau saripatinya menjadi Berakhlak. Itulah cuplikan sejarahnya" ujar Suhajar.

Pria asal Karimun ini lebih lanjut mengatakan fungsi pemerintahan ada empat, yaitu pelayanan untuk melahirkan keadilan, pembangunan untuk melahirkan kesejahteraan, pemberdayaan untuk melahirkan kemandirian, serta pengaturan melahirkan ketertiban.

"Intinya adalah pelayanan. Semua untuk melayani rakyat. Apa pun yang bersandar di pundak Anda entah sekjen, sekda, pejabat dan lainnya, tetap harus melayani rakyat," katanya.

Sekjen Kemendagri mengingatkan para sekretaris daerah pentingnya berakhlak dalam mengemban amanah sebagai abdi negara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News