Sekjen KLHK Terima Lencana Melati Pramuka dari Presiden Jokowi

Sekjen KLHK Terima Lencana Melati Pramuka dari Presiden Jokowi
Sekjen KLHK Bambang Hendroyono selaku Ketua Umum Pimpinan Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru tingkat Nasional mendapat Lecana Melati dari Presiden Jokowi. Foto: Elfany Kurniawan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyematkan tanda penghargaan Lencana Melati kepada Sekjen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Bambang Hendroyono selaku Ketua Umum Pimpinan Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru tingkat Nasional.

Penghargaan tersebut diberikan saat puncak peringatan HUT Pramuka ke-58 yang bertempat di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Cibubur, Rabu (14/8) kemarin.

Kakak Bambang Hendroyono aktif sejak berdirinya Saka Wanabakti, mulai di daerah sebagai pamong dan instruktur Krida Guna Wana, sampai di pusat sebagai Pimpinan Saka dan Mabi Saka. Saat ini Kakak Bambang menjabat sebagai Ketua Umum Pimpinan Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru tingkat Nasional.

Lencana Melati merupakan lencana jasa yang diberikan sebagai tanda penghargaan kepada anggota dewasa di dalam dan di luar Gerakan Pramuka yang dianggap memiliki jasa dan pengabdian yang luar biasa bagi kepentingan Gerakan Pramuka.

BACA JUGA: Jokowi Minta Kepala Daerah Dukung Gerakan Pramuka

Pramuka sendiri merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Orang Muda yang Suka Berkarya. Gerakan Pramuka adalah satu-satunya organisasi kepanduan yang ditugaskan menyelenggarakan pendidikan kepanduan bagi anak-anak dan pemuda Indonesia.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Budi Waseso dalam laporannya mengucapkan terima kasih kepada Kementerian LHK yang telah menginisiasi dan melakukan upaya dalam mengurangi sampah plastik.

Semangat pengurangan sampah plastik tersebut juga dipraktikkan pada acara ini dimana tidak ada kemasan plastik yang dibagikan kepada peserta. Tiap peserta dibagikan botol minum guna ulang (tumbler) sebagai wadah yang digunakan untuk mengambil minum pada galon air minum yang tersedia.

Bambang Hendroyono aktif sejak berdirinya Saka Wanabakti, mulai di daerah sebagai pamong dan instruktur Krida Guna Wana, sampai di pusat sebagai Pimpinan Saka dan Mabi Saka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News