Sekolah Dihimbau Buka Pendaftaran Manual

Sekolah Dihimbau Buka Pendaftaran Manual
Sekolah Dihimbau Buka Pendaftaran Manual
JAKARTA - Semakin banyaknya masalah yang timbul dari (proses) pendaftaran siswa sekolah dasar (SD) secara online, membuat anggota DPR bereaksi. Anggota Komisi X DPR RI, Ferdiansyah misalnya, lantas menghimbau kepada pemerintah khususnya Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), untuk juga menggelar pendaftaran secara manual. Hal ini menurutnya, lantaran masih banyak orangtua (calon) siswa yang tak mengerti bagaimana cara melakukan pendaftaran sekolah secara online.

"Tentunya kami mendukung pendaftaran dengan menggunakan sistem online yang telah diterapkan oleh Kemdiknas, untuk mengurangi potensi kecurangan itu. Namun, kami tetap menghimbau kepada Kemdiknas untuk juga membuka pendaftaran secara manual, karena masih banyak yang tidak mengerti (pendaftaran online)," jelas Ferdiansyah ketika dihubungi melalui telepon selulernya, di Jakarta, Senin (28/6).

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto, juga lantas menyarankan kepada para orangtua siswa yang ingin mendaftarkan anak-anaknya, untuk dapat langsung mendatangi sekolah yang dituju. "Operator pendaftaran online nantinya akan membimbing cara mendaftar via internet itu. Akan tetapi, orangtua diminta membawa dokumen pendaftaran secara lengkap," ujar Taufik pula.

Lebih jauh, Taufik menambahkan bahwa pihaknya juga mengakui kalau sistem yang baru diberlakukan tahun ini tersebut belum sepenuhnya diketahui oleh masyarakat. Namun menurutnya, sistem online ini bisa dikatakan sangat penting. Pasalnya menurutnya, sistem itu akan sangat bermanfaat dalam hal transparansi, akuntabilitas, serta untuk aspek non-diskriminasi terhadap calon peserta didik. (cha/jpnn)

JAKARTA - Semakin banyaknya masalah yang timbul dari (proses) pendaftaran siswa sekolah dasar (SD) secara online, membuat anggota DPR bereaksi. Anggota


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News