Selain Menko, Ini Sederet Jabatan Luhut Panjaitan di Era Jokowi

Selain Menko, Ini Sederet Jabatan Luhut Panjaitan di Era Jokowi
Luhut Binsar Panjaitan mengemban sejumlah jabatan strategis di era Jokowi. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Luhut Binsar Panjaitan tampaknya menjadi sosok yang dipercaya oleh Presiden Joko Widodo. Pria berlatar belakang tentara itu kerap menerima jabatan dan penugasan penting dari presiden.

Terbaru, Luhut Panjaitan ditunjuk sebagai Ketua Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) melalui Keputusan Presiden (Kepres) yang diteken Joko Widodo. Sementara wakil ketua dan anggota tim mayoritas diisi oleh menteri Kabinet Indonesia Maju.

Selain jabatan itu, Luhut juga pernah ditunjuk untuk mengemban sejumlah jabatan  penting lainnya oleh Presiden Jokowi.

Jabatan utama yang dipegang Luhut saat ini ialah Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi. Namun, purnawirawan TNI bintang empat itu juga menduduki posisi Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Koordinator PPKM Jawa-Bali, dan Ketua Dewan Pengarah Tim Penyelamatan Danau Prioritas Nasional.

Luhut juga pernah menjabat Ketua Tim Nasional Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN).

Lalu, dia juga pernah ditunjuk sebagai menteri ad interim menggantikan sementara posisi Menko Polhukam, Menteri ESDM, Menhub, dan Menteri KKP.

Pada era pertama pemerintahan Presiden Jokowi, Luhut juga malang melintang di sejumlah jabatan menteri kabinet. Jabatan itu ialah Kepala Kantor Staf Presiden, Menko Polhukam, dan Menko Kemaritiman.(tan/jpnn)

Luhut Binsar Panjaitan mengemban sederet jabatan penting dan strategis di era Presiden Jokowi, silakan cek.


Redaktur : Friederich
Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News