Selama Asap Karhutla Masih Terjadi, Visi SDM Unggul Jokowi Cuma Mimpi

Selama Asap Karhutla Masih Terjadi, Visi SDM Unggul Jokowi Cuma Mimpi
Fahira Idris. Foto: Dok. DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPD RI Fahira Idris mengatakan selama kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla masih terjadi, maka visi SDM (sumber daya manusia) unggul Jokowi cuma mimpi. Bangsa ini tidak akan pernah menjadi bangsa unggul saat ini di masa depan jika rakyatnya terus dihantui kabut asap.

“Bencana ini luar biasa merusak sendi-sendi utama kehidupan bangsa ini terutama masa depan anak-anak kita yang terpapar asap,” ujar Fahira di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (17/9).

Menurut Fahira, bayi dan anak-anak serta kelompok rentan lainnya yakni perempuan, ibu hamil, hingga lansia adalah korban yang paling merasakan dampak dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang mengakibatkan kabut asap di beberapa wilayah Sumatera dan Kalimantan.

Ibu hamil yang terpapar asap dan tidak ditangani dengan baik berpotensi melahirkan bayi stunting, cacat atau bahkan meninggal. Selain itu, polutan kabut asap membahayakan paru-paru bayi yang sedang berkembang dan dapat secara permanen merusak otak bayi yang sedang berkembang. Sementara pada anak balita kabut asap bisa mengakibatkan gangguan kecerdasan.

Senator asal DKI Jakarta yang juga aktivitis perlindungan anak ini mengungkapkan, begitu banyak kerugian dan kesengsaraan yang harus ditanggung rakyat di beberapa daerah di Sumatera dan Kalimanatan akibat bencana kabut asap. Sementara bagi bangsa ini, jika bencana karhutla tidak tertangani dengan baik termasuk penanganan korban maka kita terancam kehilangan generasi dan SDM unggul di masa depan.

Fahira mengkritik jargon pemerintahan periode kedua Jokowi yang fokus kepada pembangunan SDM bahkan dijadikan tagline Hari HUT Kemerdekaan ke-74 RI yaitu 'SDM Unggul Indonesia Maju’. Pasalnya, jargon tersebut tidak akan bermakna sama sekali jika anak-anak bangsa yang merupakan kunci kemajuan Indonesia masih terpapar kabut asap akibat kebakaran hutan.

“Presiden Jokowi harus memandang kabut asap ini adalah bencana besar bagi beliau dan bangsa ini untuk mewujudkan Indonesia unggul, jadi harus ditangani serius. Bangsa ini terancam kehilangan generasi unggul akibat terpapar asap. Jangan pandang ini sebagai bencana biasa karena dampak jangka panjangnya sangat merugikan bangsa. Segeralah lakukan terobosan. Rakyat terutama di Sumatera dan Kalimantan sudah letih terus dihantui kabut asap,” ujar Senator Jakarta ini.

Pernyataan menyakinkan Jokowi saat debat Pilpres yang menyatakan bahwa tidak pernah ada kebakaran hutan dalam tiga tahun terakhir yang kemudian diralat bahwa kebakaran hutan turun drastis karena pemerintah sudah mampu mengatasi kebakaran ternyata melenakan banyak pihak.

Anggota DPD RI Fahira Idris mengatakan selama kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla masih terjadi, maka visi SDM (sumber daya manusia) unggul Jokowi cuma mimpi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News