Selamat, Rieke Diah Pitaloka Raih Gelar Doktor Ilmu Komunikasi UI

Selamat, Rieke Diah Pitaloka Raih Gelar Doktor Ilmu Komunikasi UI
Rieke Diah Pitaloka foto bersama promotor dan dosen penguji seusai menjalani sidang promosi doktor Ilmu Komunikasi FISIP UI di Auditorium Juwono Sudarsono FISIP UI, Depok pada Rabu (25/5/2022). Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Rieke Diah Pitaloka menjalani sidang promosi doktor Ilmu Komunikasi FISIP UI, bertempat di Auditorium Juwono Sudarsono FISIP UI, Depok pada Rabu (25/5/2022).

Politikus PDIP ini tercatat, meraih gelar Doktor Bidang Ilmu Komunikasi tercepat (tanpa cuti) dengan nilai cumlaude.

Dia menempuh studi dalam waktu 2 tahun 8 bulan 2 hari. Rieke tercatat sebagai Doktor Bidang Ilmu Komunikasi ke-124 FISIP UI  dan menjadi doktor perempuan ke-63 di kampus yang sama.

Rieke Diah Pitaloka berhasil mempertahankan sisertasinya berjudul ‘Kebijakan Rekolonialisasi: Kekerasan Simbolik Negara Melalui Pendataan Perdesaan’.

Adapun Promotor yaitu Dr. Hendriyani dan Kopromotor adalah Dr. Eriyanto, M.Si dan Dr. J. Haryatmoko.

Sementara itu, Ketua Sidang adalah Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto bersama empat penguji, yaitu Yanuar Nugroho, Ph.D, Dr. Sofyan Sjaf, SPt., M.Si, Dr. Arie Sujito, dan Endah Triastuti, M.Si., Ph.D.

Rieke menjelaskan disertasi ini merupakan deskripsi, analisis, dan interpretasi atas perbandingan dua jenis data, yaitu data perdesaan yang direproduksi institusi negara dengan pendekatan top down dan data yang diproduksi warga dengan pendekatan bottom up.

Menurut Rieke, temuan penelitian memperlihatkan data yang direproduksi negara tidak mengintegrasikan antara data spasial dan numerik.

Rieke Diah Pitaloka menjalani sidang promosi doktor Ilmu Komunikasi FISIP UI di Auditorium Juwono Sudarsono FISIP UI, Depok pada Rabu (25/5/2022)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News