Selamatkan Pengungsi Rohingya di Laut, Warga Aceh Kebanjiran Pujian

Selamatkan Pengungsi Rohingya di Laut, Warga Aceh Kebanjiran Pujian
Local fisherman help ethnic-Rohingya people as they arrive on Lancok Beach, North Aceh, Indonesia, Thursday, June 25, 2020. Foto: ABC Indonesia

Warga Desa Lancok berhasil menolong sekitar 100 pengungsi Rohingya yang terombang-ambing di atas perahu mereka di perairan Aceh Utara pekan lalu. Para pengungsi meminta disiapkan perahu yang bagus karena mereka sebenarnya ingin ke Australia.

Hingga saat ini, para pengungsi telah mendapatkan bantuan makanan dari warga yang berada di Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara. Namun sebagian di antara mereka masih memerlukan bantuan medis setelah berada di lautan selama lima bulan.

Menurut Rima Shah Putra dari LSM Yayasan Geutanyoe di Aceh, sejumlah pengungsi perempuan mengalami masalah higienis dan gatal-gatal, katanya saat dihubungi ABC.

Pihak berwenang juga telah melakukan tes virus corona dan dari hasilnya dipastikan tidak ada yang tertular.

Sebanyak 79 pengungsi diantaranya kaum perempuan dan anak-anak yang kini ditampung sementara di salah satu fasilitas imigrasi.

Selamatkan Pengungsi Rohingya di Laut, Warga Aceh Kebanjiran Pujian Photo: Perahu yang membawa sekitar 100 pengungsi Rohingya ke pesisir Seunuddon, Aceh Utara, pada Rabu (24/06), setelah nelayan setempat menemukan mereka terombang-ambing di atas perahu reyot sekitar 6 km dari pantai. (AP: Zik Maulana)

 

Menurut Rima, para nelayan setempat melakukan upaya pertolongan bagi para pencari suaka karena pertimbangan hukum adat, yang mewajibkan mereka membantu siapa pun yang mengalami kesulitan di lautan.

Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib, seperti dikutip oleh media setempat, mengatakan para pencari suaka Rohingya menyatakan keinginan mereka melakukan perjalanan ke Australia.

Warga Desa Lancok berhasil menolong sekitar 100 pengungsi Rohingya yang terombang-ambing di atas perahu mereka di perairan Aceh Utara pekan lalu

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News