JPNN.com

Selesai Perawatan, Hercules AU Siap Operasi

Minggu, 26 Februari 2012 – 09:07 WIB Selesai Perawatan, Hercules AU Siap Operasi - JPNN.com
JAKARTA - Satu setengah tahun lamanya pesawat Hercules C-130 B milik TNI AU harus "dirawat" di Amerika Serikat. Pesawat angkut andalan itu mondok di ARINC Aerospace Oklahoma untuk menjalani perbaikan di semua sisinya.  "Hitung-hitungannya ini perawatan tingkat berat," ujar Kepala Dinas Penerangan Mabes TNI AU Marsekal Pertama Azman Yunus, Sabtu (25/2).

Pesawat bersandi udara (call sign) A-1323 itu kini telah keluar bengkel dan kembali ke Indonesia. "Pesawat sudah siap operasi lagi per hari ini (kemarin)," ujarnya.

Saat ini Hercules A-1323 berada di home basenya, Skuadron 31 Lanud Halim Perdanakusumah. "Pesawat ini bisa air to air refueling," katanya. Yang dimaksud adalah pengisian bahan bakar ke pesawat lain yang sedang terbang di udara.

Hercules terbang mendekat pesawat yang kehabisan avtur itu dalam jarak aman, lalu, melalui pipa khusus bahan bakar ditambahkan. "Harus dilakukan dalam perhitungan yang presisi dan cuaca yang bagus," kata Azman.

Perawatan pesawat ini gratis sebagai bagian dari kerjasama Program Depot Maintenance (PDM) sebagai kerjasama antara Indonesia dan  Amerika Serikat.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...