Seluruh Klub Liga Indonesia Diminta Tes Corona

Seluruh Klub Liga Indonesia Diminta Tes Corona
Ilustrasi. Foto: diambil dari pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda meminta semua para pemain, pelatih dan ofisial klub Liga 1 dan 2 Indonesia mengikuti tes corona.

“Karena seperti pemain di Eropa, ada yang kena tetapi tanpa gejala. Mereka, kan, atlet yang kondisi badannya bagus. Jadi ini langkah yang antisipatif,” ujar Syaiful di Jakarta, Rabu.

Menurut politikus Partai Kebangkitan Bangsa itu, jika diketahui lebih dini, para penderita COVID-19 tanpa gejala tidak sempat menyebarkan virusnya secara luas.

Syaiful menyarankan klub-klub memanfaatkan sarana uji COVID-19 yang tersedia di masing-masing daerah seperti, salah satunya, tes cepat (rapid test).

“Saya rasa ini dapat dibicarakan PSSI tripartit dengan klub dan perwakilan pemain. Selain mendiskusikan soal gaji pemain di tengah pandemi COVID-19, idealnya dibahas pula tentang kesehatan di masa virus corona ini,” kata dia.

Klub-klub Liga 1 Indonesia 2020 seperti Persija, Persib, Bhayangkara dan Barito Putera telah mengadakan uji kesehatan untuk mengecek keberadaan COVID-19 di tubuh pemain dan pelatih.

Hasilnya, penyerang Persib Bandung Wander Luiz.

Bukan cuma klub, pengetesan COVID-19 juga dilakukan kepada pelatih timnas Indonesia.

Tes corona dianggap penting buara para atlet, karena seperti pemain di Eropa, ada yang kena tetapi tanpa gejala.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News