Sembilan Lompatan Kemnaker, Strategi Hadapi Tantangan Pembangunan Ketenagakerjaan

Sembilan Lompatan Kemnaker, Strategi Hadapi Tantangan Pembangunan Ketenagakerjaan
Anwar Sanusi menyebut pemerintah tengah fokus melakukan langkah-langkah strategis, transformatif, dan inovatif untuk menghadapi masalah dan tantangan pembangunan ketenagakerjaan melalui sembilan Lompatan Besar Kemnaker. Foto: Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan tengah fokus melakukan langkah-langkah strategis, transformatif, dan inovatif untuk menghadapi masalah dan tantangan pembangunan ketenagakerjaan melalui sembilan Lompatan Besar Kemnaker.

Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi menyatakan sembilan lompatan besar itu terdiri atas transformasi BLK yakni link and match ketenagakerjaan. Transformasi program perluasan kesempatan kerja, pengembangan talenta muda perluasan pasar kerja luar negeri, visi baru hubungan industrial, reformasi pengawasan, ekosistem digital SIAPKerja, dan reformasi birokrasi.

"Sembilan lompatan ini guna merespons berbagai perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam sistem digitalisasi yang juga berimplikasi terhadap dunia ketenagakerjaan," kata Anwar saat membuka Rapat Kerja Teknis Barenbang Ketenagakerjaan Tahun 2021 secara virtual di Jakarta, Rabu (16/6) malam.

Anwar Sanusi mengingatkan semua unit kerja di lingkungan Kemnaker agar selalu berkolaborasi. Sebab, melalui kolaborasi implementasi sembilan lompatan Kemnaker berjalan dengan optimal.

Pada kesempatan itu, dia pun mengapresiasi Badan Perencanaan dan Pengembangan (Barenbang) Ketenagakerjaan atas konsistensinya membangun koordinasi dan konsolidasi implementasi sembilan Lompatan Besar Kemnaker ini.

“Hal baik yang digagas Barenbang Ketenagakerjaan ini dapat menjadi sumber semangat dan inspirasi bagi unit kerja lainnya di Kemnaker untuk meningkatkan kerja sama, membangun sinergi, dan kolaborasi untuk mewujudkan cita-cita besar bersama untuk pembangunan ketenagakerjaan yang lebih baik," bebernya.

Secara terpisah di Makassar, Sulawesi Selatan, Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan Ketenagakerjaan (Barenbang) Kemnaker Bambang Satrio Lelono menyatakan kesiapannya berkontribusi dalam semua agenda kebijakan sembilan Lompatan Besar Kemnaker.

Bahkan, saat ini pihaknya telah melakukan pemetaan terkait agenda, detail agenda, hingga level detail aktivitas untuk mengimplementasikan sembilan Lompatan Besar Kemnaker dalam program dan kegiatan Barenbang Ketenagakerjaan.

Kementerian Ketenagakerjaan tengah fokus melakukan langkah-langkah strategis, transformatif, dan inovatif untuk menghadapi masalah dan tantangan pembangunan ketenagakerjaan melalui sembilan Lompatan Besar Kemnaker.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News