Sempat Gagal Dua Kali, Siswa Cahaya Rancamaya Sumbang Medali di OPSI 2022

Sempat Gagal Dua Kali, Siswa Cahaya Rancamaya Sumbang Medali di OPSI 2022
Sempat gagal dua kali, siswa Cahaya Rancamaya berhasil menyumbang medali di OPSI 2022. Foto dok. Cahaya Rancamaya

jpnn.com, JAKARTA - Sempat gagal dua kali, Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School berhasil menorehkan prestasi pada Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2022.

Pencapaian tersebut merupakan prestasi luar biasa, mengingat perjuangan panjang yang sudah dilalui dan dua kali menelan kegagalan.

“Alhamdulillah tahun ini terbayarkan semuanya," kata Susanto, guru pembimbing penelitian jenjang SMA, dalam keterangannya kepada media, Selasa (29/11).

Dijelaskannya persaingan di ajang tersebut sangat sulit. Namun, suasana penuh ketegangan berakhir gembira setelah Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengumumkan para juara OPSI 2022 melalui kanal Youtube PUSPRESNAS (Pusat Prestasi Nasional) pada 25 November.

Dari kegiatan OPSI 2022 Sekolah Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School kembali berhasil mengukir prestasi gemilang di ajang OPSI tahun 2022 yang diselenggarakan Kemendikbudristek melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI).

Sekolah Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School berhasil meraih 2 medali sekaligus di ajang OPSI 2022. Satu medali perunggu yang berhasil dipersembahkan tim SMP melalui perwakilannya Ananda Satria Ali Hanafi dan Aufa Alif Al Aris (siswa kelas 9) melalui penelitian bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan.

Satu medali perak untuk jenjang SMA melalui perwakilannya M. Yhandra Adityo dan Danish Rafi Akmadira (siswa kelas 12) lewat penelitian bidang Fisika Terapan dan Rekayasa.

M. Yhandra Adityo mengaku sempat pesimistis akan meraih medali, apalagi setelah sesi persentasi, mereka sempat kehabisan ide saat menjawab pertanyaan dari para dewan juri yang merupakan pakar dan profesor.

Sempat gagal dua kali, siswa Cahaya Rancamaya berhasil menyumbang medali di OPSI 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News