Sepakati Zona Bebas Nuklir ASEAN

Sepakati Zona Bebas Nuklir ASEAN
Sepakati Zona Bebas Nuklir ASEAN
NUSA DUA--Pertemuan puncak KTT ASEAN ke-19 baru akan berlangsung mulai besok hingga 19 November mendatang. Namun sejumlah pembahasan sudah dilakukan di level delegasi pejabat ASEAN. Salah satunya terkait dengan upaya menciptakan zona bebas senjata nuklir di kawasan Asia Tenggara.

Bahkan, delegasi ASEAN yang tergabung dalam Komite Eksekutif zona bebas senjata nuklir Asia Tenggara sudah mencapai kesepakatan dengan delegasi lima negara pemilik senjata nuklir. Lima negara yang disebut P5 itu adalah Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Rusia dan Tiongkok.

"Sudah bukan bernegosiasi lagi, tapi sudah ada kesepakatan," kata Dirjen Kerjasama ASEAN Kementerian Luar Negeri Djauhari Oratmangun dalam keterangan di lokasi KTT ASEAN ke-19, Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), kemarin (15/11).

Dia menyebutkan, kesepakatan tersebut merupakan perkembangan yang signifikan dari pembicaraan panjang yang sudah dilakukan. Pertemuan di Bali merupakan kali ketiga dalam enam bulan, setelah pertemuan di Jenewa dan New York.

NUSA DUA--Pertemuan puncak KTT ASEAN ke-19 baru akan berlangsung mulai besok hingga 19 November mendatang. Namun sejumlah pembahasan sudah dilakukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News