Seperti Ini Efek Bola Salju jika Catalonia Merdeka

Seperti Ini Efek Bola Salju jika Catalonia Merdeka
Polisi Spanyol menghajar peserta referendum Catalunya. Foto: AP

jpnn.com - Semangat kelompok separatis di seantero Eropa bisa tersulut jika Catalonia benar merdeka. Untuk mencegahnya, Spanyol harus mengubah cara menyikapi referendum.
--

YANG tengah bersemangat mengejar kemerdekaan adalah warga Catalonia di Spanyol. Tapi, ribuan kilometer dari sana, sekelompok orang di Bavaria, Jerman, turut gembira menyambutnya.

Sebab, mereka yang tergabung dalam Bavaria Party itu yakin bahwa kemerdekaan Catalonia bakal menjadi preseden bagi terwujudnya impian mereka: Bavaria yang terpisah dari Jerman.

Apalagi, dalam jajak pendapat yang diadakan YouGov dan Bild Juli lalu, sepertiga atau 30 persen penduduk Bavaria menyatakan setuju dengan gagasan itu.

”Padahal, beberapa tahun lalu angkanya baru 21 persen. Mari berharap suatu hari mayoritas penduduk mendukung kemerdekaan,” kata Florian Weber, pemimpin Bavaria Party.

Kegembiraan serupa menyeruak dari Nantes di Prancis. Breizh Europa, kelompok yang selama ini menginginkan Nantes menjadi satu dengan wilayah otonomi khusus Brittany, menyebut referendum Catalonia sebagai secercah harapan.

Sebagai bentuk dukungan, Breizh Europa bahkan mengirim utusan khusus untuk memantau referendum Catalonia pada 1 Oktober lalu.

”Meski saat ini pemerintah Spanyol menolak referendum di Catalonia, suatu hari aturan perundang-undangan harus berubah sesuai dengan hak rakyat untuk menentukan nasibnya sendiri,” ujar Caroline Ollivro, presiden Breizh Europa.

Jika Catalonia benar merdeka, maka akan semakin memperkuat kelompok-kelompokseparatis mengejar kemerdekaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News