Rabu, 17 Januari 2018 – 00:46 WIB

Serena Williams And Andy Murray Mundur dari Australia Terbuka

Jumat, 05 Januari 2018 – 10:00 WIB
Serena Williams And Andy Murray Mundur dari Australia Terbuka - JPNN.COM

Juara bertahan tunggal putri Australia Terbuka Serena Williams mengundurkan diri dari keikutsertaan di tahun 2018 karena merasa tidak yakin dengan persiapannya, empat bulan setelah dia melahirkan.

Williams melahirkan anak perempuan bulan September lalu dan juara tujuh kali ini semula berencana mempertahankan gelarnya di Australia Terbuka di Melbourne yang dimulai hari Senin (15/1/2018).

Petenis berusia 36 tahun ini mengatakan bahwa tingkat kebugarannya saat ini tidaklah setinggi seperti yang diharapkannya setelah muncul dalam pertandingan eksibisi di Abu Dhabi pekan lalu.

Dalam pertandingan itu, Williams kalah dari juara Perancis Terbuka Jelena Ostapenko.

"Setelah bertanding di Abu Dhabi, saya merasa bahwa meskipun sudah dekat, saya tidak merasa sudah sampai di taraf yang saya kehendaki." kata Williams dalam sebuah pernyataan.

"Pelatih dan tim saya selalu mengatakan "hanya ikut turnamen dimana kamu bersiap untuk bertarung sampai titik puncak."

"Saya bisa bertanding namun saya tidak inign sekedar bertanding. Saya ingin lebih baik dari itu dan untuk mencapai hal tersebut, saya memerlukan waktu lebih lama lagi sedikit."

Dengan itu, meskipun saya kecewa dengan hal tersebut, saya memutuskan untuk tidak bertanding di Australia Terbuka tahun ini."

"Kenangan akan kejuaraan tahun lalu akan selalu bersama saya dan Olympia dan saya berharap untuk bisa kembali lagi."

Serena mengalahkan kakaknya Venus Williams di final Australia Terbuka 2017
Serena (kiri) mengalahkan kakaknya Venus Williams di final Australia Terbuka 2017

AAP Image: Tracey Nearmy

Serena mengalahkan kakaknya Venus di final tahun lalu sebelum kemudian mengatakan bahwa dia bermain di turnamen itu meski sedang hamil lebih dari dua bulan.

Mundurnya Serena menyusul keputusan sama yang diambil oleh petenis Inggris Raya Andy Murray yang mundur di hari sebelumnya karena cedera pergelangan paha yang tidak juga kunjung sembuh.

Beberapa nama top lainnya seperti petenis nomor satu dunia saat ini Rafael Nadal, juara enam kali Novak Djokovic dan juara 2014 Stan Wawrinka, juga masih diragukan kondisinya hanya 10 hari menjelang turnamen grand slam pertama tahun ini yang akan dilangsungkan di Melbourne Park.

Mundurnya Serena membuka kemungkinan bagi para juara grandslam lainnya tahun lalu untuk menjadi juara di Melbourne tahun ini.

Petenis Latvia Ostapenko menjadi juara di Paris dan petenis Amerika Serikat Sloane Stephens menjadi juara AS Terbuka tahun lalu untuk pertama kalinya di saat Serena juga tidak tampil.

Andy Murray harus jalani operasi

Andy Murray harus menjalani operasi untuk cederanya yang tidak kunjung sembuh
Andy Murray harus menjalani operasi untuk cederanya yang tidak kunjung sembuh.

AP: Kin Cheung

Sementara itu Andy Murray sekarang kembali ke Inggris untuk menjalani operasi pangkal pahanya yang mungkin akan membuatnya harus beristirahat selama beberapa bulan.

Semula Murray sudah berada di Australia dan merasa siap akan bertanding namun hari Kamis memutuskan untuk mundur.

Dia semula dijadwalkan bertanding di turnamen Brisbane Internasional minggu lalu, namun mundur juga dari turnamen setelah tidak bisa berlatih dengan baik.

Turnamen terakhir yang diikuti oleh petenis berusia 30 tahun tersebut adalah Wimbledon bulan Juli lalu.

Murray yang sekarang berada di peringkat 16 dunia dan kemungkinan karena absen akan turun ke peringkat di luar 20 besar dunia dan besar kemungkinan akan sulit untuk naik ke peringkat satu seperti yang pernah dicapainya.

AAP

 
SHARES
Komentar